Pertama Kali, Irlandia Punya Perdana Menteri Gay

Sonya Michaella    •    Jumat, 16 Jun 2017 11:43 WIB
politik irlandia
Pertama Kali, Irlandia Punya Perdana Menteri Gay
PM Irlandia yang baru, Leo Varadkar (dasi biru). (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Dublin: Untuk pertama kalinya, Irlandia dipimpin oleh perdana menteri yang secara terbuka mengakui dirinya adalah gay, yaitu Leo Varadkar.

Pria yang juga anak seorang imigran India ini juga menorehkan sejarah baru menjadi perdana menteri termuda yang pernah memimpin Irlandia, di usia 38 tahun.

Dilansir Guardian, Jumat 16 Juni 2017, Varadkar mengalahkan saingannya, Menteri Perumahan Simon Coveney, dengan perolehan unggul 60 persen suara memimpin partai petahana Fine Gael, partai terbesar dalam pemerintahan koalisi.

Varadkar kini resmi menggantikan Enda Kenny sebagai pemimpin Partai Fine Gael yang menjabat sejak 2002. Disebut-sebut, Irlandia akan mengalami kemakmuran di masa mendatang dengan adanya perdagangan di perbatasan terbuka dengan Inggris, meski Inggris kini sedang bersiap untuk keluar dari Uni Eropa.

Salah satu pemimpin dunia yang direncanakan akan diundang oleh Varadkar adalah Perdana Menteri Inggris, Theresa May. Hal ini berkaitan dengan simpati Irlandia terkait serangan teror yang bertubi-tubi menimpa Inggris.

"Inggris telah melewati beberapa tragedi mengerikan selama beberapa pekan terakhir, jadi kami menyampaikan simpati dan solidaritas kami," kata Varadkar dalam pidato pertamanya setelah sah menjadi PM Irlandia.

Varadkar yang mengumumkan diri sebagai gay saat proses referendum pernikahan sesama jenis pada 2015, sebelumnya bertugas menangani sistem kesejahteraan masyarakat. Ia pernah dikritik atas komentarnya tentang isu-isu progresif dan hak-hak pekerja.

Sistem pemilihan PM Irlandia ini menggunakan sistem electoral college, yang memberikan 65 persen suara untuk partai parlemen Fine Gael di mana terdiri dari 73 anggota majelis Irlandia, Senator, dan anggota parlemen.





(FJR)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

43 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA