Pemerintah Kanada Berikan Izin Kerja Mahasiswa Indonesia

Haifa Salsabila    •    Minggu, 11 Feb 2018 18:12 WIB
indonesia-kanada
Pemerintah Kanada Berikan Izin Kerja Mahasiswa Indonesia
Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur di Shangri-La Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 11 Februari 2018. Foto: Medcom.id/ Haifa Salsabila.

Jakarta: Pemerintah Kanada memberikan kesempatan kerja bagi para mahasiswa Indonesia yang telah menyelesaikan studi mereka di Kanada. Usai lulus, para pelajar dapat langsung mendaftar untuk mendapatkan izin bekerja di Kanada. 

"Siswa internasional bisa bekerja di Kanada usai mereka menyelesaikan studi. Kami menyebutnya Post-Graduate Work Permit (PGWP), yang merupakan kesempatan luar biasa bagi siswa internasional," ujar Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur pada pembukaan pameran EduCanada di Shangri-La Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 11 Februari 2018.

Menurut penjelasan dari Konselor Imigrasi Kedutaan Kanada Erik Mjanes, para pelajar yang sudah lulus dapat mendaftar untuk PGWP jika mereka ingin bekerja. "Ini kesempatan menarik bagi mereka yang ingin bekerja di Kanada," jelas Peter. 

Ia menjelaskan bahwa persyaratan yang ada cukup mudah. Mereka yang ingin mendaftar PGWP setidaknya harus menyelesaikan program studi post-secondary atau diploma di Kanada. Para pelajar juga harus merupakan lulusan dari kampus terakreditasi di Kanada, baik milik pemerintah maupun swasta.

"Asalkan program studi mereka lebih dari delapan bulan dan bukan program ESL (sekolah bahasa), maka mereka bisa mendaftar untuk PGWP," ungkap Peter.

Menurut Peter, durasi izin kerja sah yang nanti akan diberikan sesuai dengan kurun waktu studi dari pelajar yang mendaftar PGWP. 

"Kalau Anda memiliki 1 tahun program studi, maka Anda bisa mendapatkan visa kerja selamat setahun. Dua tahun program studi, dua tahun visa kerja. Maksimumnya tiga tahun," jelas Erik.

Oleh karena itu, Erik mendorong siswa Indonesia untuk melanjutkan studi di Kanada. Selain mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mereka pun akan memiliki kesempatan kerja di Kanada.

EduCanada sendiri merupakan pameran pendidikan yang digelar setiap tahunnya di Indonesia. Pameran yang berada di Indonesia Room, Hotel Shangri-La Jakarta menghadirkan 19 lembaga pendidikan dari Kanada. 


(DEN)