Pertama dalam Sejarah, Raja Arab Saudi Berkunjung ke Rusia

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 06 Oct 2017 14:22 WIB
arab saudi
Pertama dalam Sejarah, Raja Arab Saudi Berkunjung ke Rusia
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, 5 Oktober 2017. (Foto: AFP/ALEXEY NIKOLSKY)

Metrotvnews.com, Moskow: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud melakukan kunjungan ke Rusia. Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, ini merupakan kunjungan pertama dari seorang raja Arab Saudi ke Negeri Beruang Merah.

"Ini adalah kunjungan pertama Raja Arab Saudi ke Rusia dalam sejarah hubungan kita, dan merupakan peristiwa yang sangat membahagiakan. Hubungan kita memiliki sejarah cukup panjang," seru Putin, seperti dilansir dari Sputnik, Jumat 6 Oktober 2017.

Kepada Raja Salman, Putin menuturkan harapannya agar kunjungan tersebut dapat berkontribusi pada pengembangan hubungan bilateral kedua negara.

Merespons Putin, Raja Salman juga mengatakan bahwa negaranya berusaha memperkuat hubungan dengan Moskow demi perdamaian, keamanan dan perkembangan ekonomi internasional.

"Kami senang berada di negara sahabat. Kami berusaha memperkuat hubungan bilateral demi perdamaian dan keamanan, demi perkembangan ekonomi global," tutur Raja Salman.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa potensi kerja sama bilateral antara Rusia dengan Arab Saudi sudah mulai meluas. Kedua negara telah menunjukkan keinginan politik untuk memperdalam kerja sama dan interaksi dalam berbagai isu.

Raja Arab Saudi tiba di Rusia sejak Rabu kemarin. Forum bisnis dan investasi Rusia-Saudi sudah dijadwalkan dan akan digelar di masa mendatang.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Saudi menuturkan sejumlah dokumen penting diharapkan akan ditandatangani dalam pertemuan ini.

Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia juga mengatakan Riyadh berencana berinvestasi di lebih dari 25 proyek pertanian, minyak dan gas di Moskow.


(WIL)