Dituding Lakukan Pelecehan Seksual, Menhan Inggris Mundur

Sonya Michaella    •    Kamis, 02 Nov 2017 08:40 WIB
inggris
Dituding Lakukan Pelecehan Seksual, Menhan Inggris Mundur
Menhan Inggris Michael Fallon undur diri akibat skandal pelecehan seksual. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Menteri Pertahanan Inggis Michael Fallon mengundurkan diri, kemarin, setelah tuduhan skandal pelecehan seksual yang dilakukannya mencuat ke publik.

"Saya telah merenungkan posisi saya dan karena itu saya mengundurkan diri dari Menteri Pertahanan," katanya, dikutip dari AFP, Kamis 2 November 2017.

Fallon dituding melakukan pelecehan seksual pada 2002 silam di mana pelecehan itu ia lakukan terhadap jurnalis perempuan bernama Julia Hartley-Brewer. Fallon dituding pernah meletakkan tangannya di lutut jurnalis tersebut.

Akibat tekanan yang cukup besar, awal pekan ini, Fallon sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka.

"Sejumlah tuduhan telah muncul mengenai anggota parlemen dalam beberapa hari ini, termasuk beberapa hal yang saya lakukan di masa lampau," ungkap dia.

"Banyak dari tudingan ini salah. Namun saya akui bahwa di masa lalu saya berada di bawah standar apa yang kita inginkan dari Angkatan Bersenjata kita yang kehormatannya saya wakili," lanjut Fallon yang mengaku masih akan aktif di parlemen.

Sang jurnalis, Hartley-Brewer mengatakan ia sangat terkejut dengan pengunduran diri Fallon dan menganggap keputusan Fallon tidak hanya didasarkan insiden pada 2002 itu.

"Saya berasumsi akan lebih banyak tuduhan yang datang," ucap dia.

Perdana Menteri Inggris Theresa May pun menerima pengunduran diri Fallon itu. Sebelumnya ia sempat menyerukan peraturan perilaku anggota Westminster diperketat.

Pasalnya, sebelum insiden Fallon ini, banyak kabar mencuat bahwa sejumlah menteri dan anggota parlemen melakukan pelecehan seksual.





(FJR)