Kabut Tebal Picu Kekacauan Jadwal Penerbangan di Belanda

Kumara Anggita    •    Senin, 17 Dec 2018 15:21 WIB
pesawatpenerbanganbelanda
Kabut Tebal Picu Kekacauan Jadwal Penerbangan di Belanda
Sebuah pesawat yang terjebak dalam kabut tebal di Belanda. (Foto:AFP).

Den Haag : Kabut tebal mengganggu jadwal penerbangan di Belanda. Bahkan satu bandara terpaksa menutup landasan pacunya dan mengalihkan penerbangan akibat cuaca buruk pada 16 Desember 2018.

Akibat cuaca yang tidak mendukung ini, Bandara Internasional Eindhoven ditutup sejak siang 16 Desember. Sekitar 27 penerbangan dialihkan ke tujuan baru dan enam penerbangan lainnya dibatalkan.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin 17 Desember 2018, kabut ini mempengaruhi 6.500 hingga 8.000 penumpang. Akibatnya para penumpang pun terdampar di bandara tersebut.

Di Bandara Schiphol, Amsterdam, kejadian serupa juga terjadi. Pihak bandara harus membatalkan sekitar 100 penerbangan akibat kabut tebal yang melanda.

“Proses lepas landas dan pendaratan berkurang hingga setengahnya,” laporan kantor berita NOS, seperti dikutip AFP.

Maskapai nasional Belanda, KLM umumnya melayani 65 penerbangan setiap satu jam. Namun dengan kabut tebal yang menerpa, KLM hanya bisa melayani 17 jadwal penerbangan.

Sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai peningkatan intensitas kabut. Namun Royal Dutch Meteorological Institute mengeluarkan peringatan "kode kuning" di sebagian besar wilayah tengah dan selatan Belanda setidaknya hingga tengah malam waktu setempat.


(FJR)