Kopi Indonesia Coba Penetrasi Pasar Jerman via Coteca

   •    Senin, 08 Oct 2018 17:15 WIB
indonesia-jerman
Kopi Indonesia Coba Penetrasi Pasar Jerman via Coteca
Pekerja mencuci biji kopi robusta di Semarang, Jateng, 31 Juli 2018, untuk diproses sebagai komoditi ekspor. (Foto: Antara/ADITYA PRADANA PUTRA)

Berlin: Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi, teh dan kakao, akan kembali ikut serta dalam Pameran Produk Kopi, Teh dan Kakao (COTECA-Coffee, Tea and Cacao) yang berlangsung setiap dua tahun sekali di kota Hamburg, Jerman. Pameran tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober 2018.

Tujuan keikutsertaan Indonesia dalam pameran COTECA 2018 adalah penetrasi ekspor produk Kopi, Teh, dan Kakao ke Jerman yang merupakan pasar terbesar di Uni Eropa (UE) dengan total populasi 82 juta orang. Khusus untuk sektor kopi, partisipasi pada COTECA 2018 juga bertujuan mempromosikan produk specialty coffee Indonesia ke Jerman yang merupakan pasar potensial.

Baca: Kopi Indonesia Berpeluang Besar di Pasar Austria

Dalam keterangan pers yang diterima Medcom,id, Senin 8 Oktober 2018, keikutsertaan Indonesia dalam pameran COTECA tahun ini merupakan kali kelima secara berturut-turut sejak 2010. Terdapat sembilan perusahaan asal Indonesia dari tiga komoditas tersebut yang akan ikut berpartisipasi tahun ini, antara lain:

1.      PT Shriya Artha Nusantara-Jakarta (kopi)
2.      PT Perkebunan Nusantara-Bandung (teh)
3.      MUTIGO-Jakarta (kopi dan kakao)
4.      Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dari Cilacap-Cilacap (kopi)
5.      Java Moen International-Semarang (kopi, teh, dan kaka
6.      Paris van Java Specialty Coffee-Bandung (kopi dan teh)
7.      PT Cahaya Anugerah Pertiwi, Denpasar (teh)
8.      PT Mitra Kerinci-Sumatera Barat (teh)
9.      Intana Grafinusa-Jawa Barat (kopi)

Perwakilan Pemerintah Republik Indonesia di Jerman dalam hal ini Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hamburg serta Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg bersama dengan sembilan perusahaan asal Indonesia yang merupakan eksportir produk kopi, teh dan kakao, akan menempati stand bersama (Country Pavilion) seluas 91 m2 di Hall A4, Stand No. 501.

Selama penyelenggaraan pameran COTECA, Indonesia akan berpartipasi aktif dalam berbagai kegiatan, antara lain:

1.    Seminar tentang kopi Luwak dan Kopi Indonesia oleh Perusahaan KOPI ROSS yang berlangsung pada Rabu 10 Oktober pada pukul 12.15-12.45 serta pukul 17.00-18.00.
2.    Coffee Cupping yang akan berlangsung selama tiga hari.
3.    Tea tasting yang akan berlangsung selama tiga hari.

Sebagai upaya meningkatkan jejaring antar stakeholder serta memfasilitasi pertemuan bisnis dengan para importir produk kopi, teh, dan kakao serta berbagai asosiasi dari Jerman, KBRI Berlin bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI juga akan menyelenggarakan acara Business Networking Dinner pada 11 Oktober, yang akan dihadiri perwakilan perusahaan asal Indonesia serta berbagai insitusi terkait di Jerman.


(WIL)