Putin Undang Korsel dan Korut ke Forum Ekonomi

Willy Haryono    •    Sabtu, 23 Jun 2018 10:38 WIB
korea utarakorea selatanrusia
Putin Undang Korsel dan Korut ke Forum Ekonomi
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) bersama Presiden Korsel Moon Jae-in di Moskow, 22 Juni 2018. (Foto: AFP/POOL/SERGEI KARPUKHIN)

Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke sebuah ekonomi forum di Vladivostok yang akan digelar pada September mendatang.

"Kami akan sangat senang melihat Anda sebagai tamu kehormatan di Vladivostok, yang akan dimulai pada 11 September," ujar Putin kepada Moon, dalam sebuah konferensi pers usai keduanya berdiskusi di Moskow.

Putin juga mengundang pemimpin Korut Kim Jong-un, begitu juga dengan kepala negara dari Tiongkok dan Jepang.

Sejauh ini, seperti dilansir dari AFP, hanya Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang mengonfirmasi kehadirannya.

Jumat kemarin, media Rusia melaporkan Kim belum merespons undangan Kremlin ke Vladivostok. "Belum ada jawaban," sebut ajudan Putin, Yury Ushakov, seperti dikutip dari Tass.

Dalam konferensi pers bersama Moon, Putin mengaku "menyambut baik" pertemuan bersejarah antara Kim dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura. Di sana, Trump dan Kim menandatangani dokumen yang menyerukan denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Kami berharap pertemuan tersebut dapat menurunkan secara signifikan ketegangan di Semenanjung Korea, dan menciptakan kondisi ideal untuk sistem keamanan berkesinambungan di kawasan," ungkap Putin.

Selama kunjungan tiga hari di Rusia, Moon akan menonton langsung pertandingan Piala Dunia antara timnas Korsel melawan Meksiko pada Sabtu 23 Juni di kota Rostov-on-Don.


(WIL)