Ribuan Pedemo Tuntut Pemerintah Rumania Cabut Putusan Keringanan Pelaku Korupsi

Riyan Ferdianto    •    Selasa, 07 Feb 2017 06:51 WIB
demo massa
Ribuan Pedemo Tuntut Pemerintah Rumania Cabut Putusan Keringanan Pelaku Korupsi
Ribuan warga Rumania tuntut Pemerintah batalkan keputusan meringankan hukuman bagi pelaku korupsi. (Foto: AP/Andreea Alexandru).

Metrotvnews.com, Bucharest: Ribuan demonstran di Rumania turun ke jalan. Mereka menekan Pemerintah Rumania untuk mencabut keputusan meringankan kepada hukuman pejabat yang terlibat korupsi.

Dikutip AP, Selasa 7 Februari 21017, keputusan yang dilawan keras oleh Gereja Ortodoks Rumania itu jika diimplementasikan maka akan melemahkan usaha pemberantasan korupsi di negara tersebut. Pasalnya, keputusan itu membuat otoritas keamanan bakal 'menutup mata' jika korupsi atau penyuapan yang dilakukan oleh pejabat kurang dari Rp646 juta.

Sudah enam hari warga Rumania yang turun ke jalan meminta dan menekan pemerintah untuk mencabut keputusan sepihak, tanpa persetujuan parlemen.

Aksi ribuan orang Rumania yang turun ke jalan membuahkan hasil. Pemerintah Rumania akhirnya setuju mencabut keputusan tersebut dan akan mengajukan keputusan yang baru kepada parlemen untuk segera dibahas.

Namun pencabutan yang dilakukan Pemerintah Rumania tidak membuat aksi mereda. Lebih dari 200 orang pendemo malah berkumpul di Bucharest dengan membawa bedera sambil berteriak 'Kamu Pencuri!' dan 'Mundur'.

Aksi tersebut diindikasikan untuk para pejabat yang terbukti kotupsi dan ditujukan kepada para pejabat Rumania serta Perdana Menteri Sorin Grindeanu yang meloloskan keputusan tersebut.


(HUS)