Turki Tuding Jerman Dukung Terorisme

Sonya Michaella    •    Selasa, 14 Mar 2017 10:05 WIB
protes belanda
Turki Tuding Jerman Dukung Terorisme
Kanselir Jerman, Angela Merkel. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Ankara: Dalam ketegangannya dengan Belanda, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Kanselir Jerman, Angela Merkel adalah seorang yang mendukung terorisme.

"Nyonya Merkel, mengapa Anda menyembunyikan teroris di negara Anda? Mengapa Anda tidak melakukan apapun? Anda mendukung teroris," ucap Erdogan dalam sebuah wawancara televisi, seperti dikutip AFP, Selasa 14 Maret 2017.

Pernyataan 'pedas' terhadap Merkel ini datang setelah ketegangan antara Turki dan Belanda meningkat.

Pelarangan dari otoritas lokal Jerman Barat yang membatalkan kunjungan Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag pun disebut-sebut menjadi salah satu pemicu pernyataan Erdogan ini.

Tak hanya Jerman, beberapa negara Eropa yang didiami banyak warga Turki seperti Austria pun melarang adanya kampanye Turki di negaranya. Hal ini tentu memicu kemarahan Ankara.

Dikonfirmasi ke Jerman, juru bicara Merkel, Steffen Seibert menegaskan tudingan Erdogan tersebut sangat tidak masuk akal dan mengada-ada.

"Kanselir tidak berniat mengambil bagian dalam permainan provokasi ini. Tuduhan ini jelas tak masuk akal," ucapnya.

Sementara itu, Jerman telah menyatakan akan melarang pertemuan politik Turki di sana. "Kampanye Turki tidak ada hubungannya di sini," kata Menteri Dalam Negeri Jerman, Thomas de Maiziere.

Saat ini, terhitung sebanyak 1,4 warga Turki pro-Erdogan tinggal di Jerman. Sejumlah aksi unjuk rasa dari warga Turki yang pro-Erdogan pun telah direncanakan di beberapa negara Eropa, seperti Jerman, Austria dan Belanda.

 


(WIL)