Gunung Etna di Italia Meletus, 10 Orang Dilaporkan Terluka

Arpan Rahman    •    Jumat, 17 Mar 2017 14:52 WIB
gunung meletus
Gunung Etna di Italia Meletus, 10 Orang Dilaporkan Terluka
Polisi melakukan pengawasan di sekitar Gunung Etna, Italia (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Milan: Hujan batuan vulkanik dan uap melukai sedikitnya 10 orang, termasuk wisatawan dan para ilmuwan, menyusul ledakan Gunung Etna di Sisilia, Kamis 16 Maret. 
 
Para turis langsung tertarik ke Etna mau menonton gunung berapi aktif itu meletus, hanya untuk terperangkap, lalu terkejut ketika kepundan memuntahkan magma menerpa salju, memantik ledakan.
 
Presiden Alpine Club cabang Italia di Catania, Umberto Marino, mendaki gunung berapi di dalam sebuah kereta salju ketika beberapa korban luka-luka mulai berjalan ke arahnya.
 
"Material yang terlempar ke udara, jatuh kembali ke bawah, memukul kepala dan tubuh orang-orang yang paling dekat," kata Marino dikutip situs web Catania Today.
 
Menurut kantor berita Italia ANSA, enam orang dirawat di rumah sakit, sebagian besar dengan cedera kepala. Tak satu pun dari cedera terbilang gawat.
 
Di antara mereka yang berada di gunung saat ledakan tengah hari adalah ilmuwan dari lembaga vulkanologi Italia. Lembaga ini mengatakan stafnya di antara yang terluka, namun tidak segera memberi rincian berapa banyak staf atau seberapa buruk mereka terluka.
 
Reporter sains global BBC, Rebecca Morelle, juga berada di gunung, dan menggambarkan pengalaman itu dalam rangkaian tweet.
 
"Berlari turun gunung di bawah hujan batu, menghindari batu-batu terbakar dan uap mendidih -- bukan pengalaman yang ingin saya ulangi," tulisnya, seperti dikutip Business-Insider dari laporan Associated Press, Jumat 17 Maret 2017.
 
Kru BBC terguncang jiwanya, tetapi secara fisik baik-baik saja, menderita lecet, memar, dan luka bakar, ia tulis lagi.
 
Morelle katakan, ledakan itu menjadi "pengingat betapa berbahayanya (dan) gunung berapi bisa tak terduga."
 
Gunung Etna telah aktif selama dua hari terakhir, menimbulkan tontonan visual seperti muntahnya lava dan abu ke udara. Aliran lava baru mulai muncul dari kawah tenggara, Rabu 15 Maret.
 
Sejauh ini letusan belum mengganggu lalu lintas di dekat bandara Catania atau membuat ketidaknyamanan bagi warga di daerah sekitar.



(FJR)

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

9 hours Ago

Tidak ada bukti bahwa pelaku serangan, Khalid Masood tergabung dalam kelompok radikal mana pun…

BERITA LAINNYA