Indonesia-Rusia Bahas Perjanjian Kemudahan Visa Bagi WNI

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 05 Sep 2018 19:09 WIB
indonesia-rusia
Indonesia-Rusia Bahas Perjanjian Kemudahan Visa Bagi WNI
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Indonesia dan Rusia membahas perjanjian yang memudahkan warga negara Indonesia (WNI) mendapatkan visa ke Negeri Beruang Merah. Menurut Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, sudah ada konsultasi antara dua kementerian terkait mengenai masalah itu.
 
Meski demikian, dia belum bisa memberikan detil perjanjian yang dibahas. Namun, menurut dia rancangan perjanjian telah disepakati.
 
Jika perjanjian tersebut sudah ditandatangani, maka WNI dengan mudah dapat melancong ke Rusia. "Saya harap perjanjian ini dapat mendorong pertukaran pengunjung yang lebih besar antara kedua negara," kata Lyudmila di kediamannya, Jakarta, Rabu 5 September 2018.
 
Rusia juga berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan dari dan ke Indonesia dengan berencana meluncurkan penerbangan langsung Moskow-Denpasar, Bali. Penerbangan pertama rencananya akan dimulai pada Oktober 2018.
 
Penerbangan tersebut akan dioperasikan dua maskapai Rusia, Rossiya Airline dan Aeroflot.
 
Dubes Lyudmila mengatakan, jumlah turis yang datang berkunjungan ke Bali pada 2017 mencapai lebih dari 100 ribu orang. Dengan adanya penerbangan langsung dari Moskow ke Bali, dia berharap akan ada peningkatan dari jumlah tersebut di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.


(FJR)