Spanyol Kian Galau Jelang Referendum Kemerdekaan Catalonia

Arpan Rahman    •    Minggu, 17 Sep 2017 16:10 WIB
politik spanyol
Spanyol Kian Galau Jelang Referendum Kemerdekaan Catalonia
Ribuan orang mendukung referendum kemerdekaan Catalonia di Barcelona. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Spanyol tampaknya menuju kebuntuan yang tidak dapat dihindari lagi. Perselisihan mengenai kemerdekaan Cataloni menunjukkan tanda-tanda mencapai kompromi.

Lebih dari 700 wali kota di seantero Catalonia bertemu, Sabtu 16 September 2017, di Barcelona dalam sebuah demonstrasi terbuka. Mereka menunjukkan dukungan atas pemungutan suara referendum di tengah tekanan dari pemerintah pusat Spanyol.

Ketegangan politik di Spanyol meningkat saat mendekati tanggal pemungutan suara yang diusulkan pada 1 Oktober mendatang. Pemerintah Catalonia sudah berjuang keras mendorong pemungutan suara, kendati muncul larangan dari pemerintah pusat agar tidak memakai bangunan umum untuk dijadikan tempat pemungutan suara.

Ratusan wali kota berbaris di samping Presiden regional Catalonia, Carles Puigdemont, dan Wali Kota Barcelona Ada Colau.

"Kami tidak akan bisa diintimidasi, ini bukan tentang kemerdekaan, ini tentang hak kami," kata Colau seperti dilansir The National, Minggu 17 September 2017.

Otoritas Spanyol pada Sabtu menyita segala cetakan yang ditujukan untuk mendukung dan mempromosikan referendum di dekat Barcelona. Operasi tersebut menyusul sebuah operasi pada Jumat lalu, di mana 100.000 poster disita. 

Puigdemont mengucapkan terima kasih kepada wali kota karena tidak mundur dan bersikeras bahwa kebanyakan warga Catalonia bertekad untuk terus maju meski dilarang Madrid.

"Jangan remehkan orang Catalonia," ungkap dia.


(WIL)