Alunan Suara Gamelan Pukau Warga Austria

Sonya Michaella    •    Kamis, 12 Apr 2018 11:46 WIB
indonesia-austria
Alunan Suara Gamelan Pukau Warga Austria
Penampilan grup Ngesti Budoyo. (Foto: Dok. KBRI Wina)

Wina: Indonesia kembali memukai masyarakat asing lewat budayanya. Kali ini, KBRI Wina ikut serta dalam konser gamelan yang khusus memperkenalkan budaya Tanah Air di Austria.

Alunan gending Kebogiro membuka acara konser di Universitat fur Musik un Darstellende Kunst di Wina, yang bertajuk Discovering Gamelan: An Indonesian Traditional Orchestra.

Konser tersebut menampilkan musik gamelan Bali dan Jawa yang dibawakan oleh dua grup gamelan di Austria yaitu Altenberg dan Gamelan Ngesti Budoyo. 

"Gamelan merupakan salah satu wujud diplomasi budaya Indonesia untuk merangkul publik luas di Austria, khususnya di Wina. Diplomasi budaya merupakan salah satu alat penting untuk membangun semangat saling memahami, percaya dan menghormati antar dua negara," kata Wakil Kepala Perwakilan Tetap RI di Wina, Witjaksono Adji, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Kamis 12 April 2018.



Ia juga menyinggung arti penting Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi dan akan memainkan peran besar dalam percaturan ekonomi internasional di masa mendatang.

"Pemahaman soal kultur, khususnya bahasa dan budaya Indonesia akan menjadi modal strategis bagi masyarakat Austria yang berencana melakukan aktivitas di Indonesia," lanjut dia.

Ia juga mengundang kalangan pemuda pemudi Austria untuk mengenal Indonesia melalui program pengajaran Bahasa Indonesia yang digelar oleh KBRI Wina serta berbagai program beasiswa yang disediakan Pemerintah Indonesia untuk warga asing.

Pementasan konser gamelan ini merupakan langkah awal KBRI Wina terkait pembukaan program pengajaran gamelan di Universitat fur Musik un Darstellende Kunst yang akan dimulai Oktober tahun ini. 

Promosi seni budaya Indonesia di Austria merupakan salah satu program kegiatan rutin KBRI Wina guna meningkatkan citra positif Indonesia di kalangan publik Austria. 


(FJR)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA