Demokrasi Kuat jadi Nilai Tambah Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 29 Nov 2018 21:46 WIB
indonesia-prancis
Demokrasi Kuat jadi Nilai Tambah Indonesia
Menteri Muda Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Baptiste Lemoyne (Foto:Medcom.id/Marcheilla)

Jakarta: Iklim ekonomi Indonesia semakin baik. Menurut Menteri Muda Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Baptiste Lemoyne, ada dua keunggulan Indonesia, salah satunya demokrasi yang kuat.

"Iklim ekonomi Indonesia menurut saya sangat bagus. Ada dua keunggulan yang dimiliki Indonesia, yaitu sumber daya manusia yang semakin baim dan stabilitas karena demokrasi yang kuat," tuturnya dalam jumpa pers di Institute France Indonesia, Jakarta, Kamis 28 November 2018.

Dia mengatakan jika demokrasi sudah kuat, maka negara akan stabil. Dengan demikian, intervensi asing akan susah masuk dan mengganggu kestabilan negara tersebut.

Hal ini, kata Lemoyne, yang lihat para investor dari Negeri Menara Eiffel tersebut. "Investor akan menanam modal ratusan juta hingga miliar euro jika mereka melihat hal itu," jelasnya.

Lemoyne menegaskan jika sumber daya manusia dan stabilitas negara sudah ada, maka Indonesia bisa menjadi negara besar dan kuat. "Sekali lagi, ini karena demokrasi Indonesia dilihat cukup handal," pungkasnya.

Lemoyne mengunjungi Indonesia selama tiga hari, sejak 27 hingga 29 November 2019. Kunjungan ini dilakukan usai dua bulan lawatan Menteri Muda Sektor Digital Prancis Munir Mahjoubi.

Dia menemui sejumlah menteri selama berada di Indonesia untuk memperkuat kerja sama Indonesia dan Prancis. Berbagai isu dibahas, terutama Indo-Pasifik, energi terbarukan dan penanaman modal oleh investor Prancis.


(WAH)