Warga Inggris di Lombok Diimbau Waspada

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 06 Aug 2018 15:51 WIB
Gempa Lombok
Warga Inggris di Lombok Diimbau Waspada
Turis asing dan lokal berebut minta dievakuasi di Gili Trawangan, Lombok. (Foto: AFP).

London: Pemerintah Inggris mengeluarkan imbauan perjalanan untuk para warganya yang hendak ke dan berada di Lombok. Imbauan dikeluarkan sebagai bentuk respons atas gempa berkekuatan 7,0 di Nusa Tenggara Barat tersebut.

"Laporan awal menunjukkan kerusakan pada bangunan di Lombok, Kepulauan Gili dan Bali. Jika Anda berada di area tersebut, Anda harus memantau media lokal, berhati-hati dan mengikuti saran dari pihak berwenang setempat," kata pemerintah Inggris lewat sebuah pernyataan, dikutip dari laman www.gov.uk, Senin 6 Agustus 2018.

Menurut mereka, letak Indonesia yang berada di Cincin Api Samudra Pasifik membuat banyak bencana alam sering terjadi. Selain itu mereka menganggap kapasitas layanan darurat dan penyelamatan Indonesia untuk menangani bencana alam yang besar terbatas.

Selain Inggris, Pemerintah Singapura juga mengeluarkan imbauan perjalanan untuk warga mereka di Lombok. Mereka memerintahkan warganya yang berada di Lombok untuk segera meninggalkan daerah tersebut.

Gempa bumi mengguncang Lombok pada Minggu malam. Lindu berkekuatan 7,0 skala richter tersebut menewaskan 91 orang, ratusan lainnya terluka dan ribuan bangunan rusak.

Sejumlah wisatawan asing juga dievakuasi dari beberapa pulau pariwisata di Lombok, terutama Gili Trawangan. Hingga saat ini, belum ada laporan turis asing menjadi korban tewas dari gempa tersebut.

Namun, para turis memenuhi bandar udara internasional Lombok untuk menunggu penerbangan keluar pulau tersebut.


(WIL)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA