Rangkaian HUT ke-72 RI, Merah Putih Warnai Swiss

   •    Minggu, 06 Aug 2017 15:56 WIB
indonesia-swiss
Rangkaian HUT ke-72 RI, Merah Putih Warnai Swiss
Rangkaian peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Swiss, Sabtu, 5 Agustus 2017. (Foto: KBRI Bern)

Metrotvnews.com, Bern: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss memulai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia di Swiss pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

Sekitar 100 orang berkumpul memeriahkan Jalan Sehat di hutan belakang Wisma Duta di daerah Gumligen Bern. Tidak hanya berasal dari Kota Bern, ratusan peserta juga berdatangan dari Zurich, Basel, Jenewa, dan wilayah-wilayah lain di Swiss.

Duta Besar RI untuk Swissm Linggawaty Hakim, menekankan pentingnya bagi warga Indonesia untuk selalu menjaga persatuan di Swiss.

"Termasuk juga rangkaian perlombaan HUT ke-72 RI ini dimaksudkan untuk mempererat persatuan warga Indonesia di Swiss," ujar Dubes Linggawaty, dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.



Di pagi musim panas yang cerah, ratusan peserta Jalan Sehat berseragam merah putih menembus hutan pinus dan ladang gandum khas Swiss selama 1 jam di sekitar Wisma Duta.

Ditambahkan oleh Koordinator Perlombaan HUT ke-72 RI KBRI Bern, Titik Nahilal Hamzah, rangkaian perlombaan terdiri dari Jalan Sehat, lomba gaple, dan lomba badminton. Sementara puncaknya pada hari 17 Agustus akan digelar perlombaan seperti balap karung, makan kerupuk, tarik tambang, dan lomba khas 17an lainnya. 

"Jalan Sehat yang pertama kali diadakan selama tiga tahun pada masa kepemimpinan Dubes Linggawaty ini adalah kick-off dari rangkaian perlombaan selama 2 pekan ke depan," kata Titik. 

Acara Jalan Sehat dilanjutkan pembagian door prize, makan siang, dan lomba gaple.

Salah satu WNI, Sulis Sommmer, yang turut hadir pada acara Jalan Sehat itu mengaku bersyukur karena KBRI Bern menyelenggarakan rangkaian peringatan HUT RI di Swiss.

"Meski jauh dari Tanah Air, tapi kemeriahan 17-an di Swiss tidak kalah heboh. Jadi mengobati kangen suasana 17an di kampung." Kenang Sulis, WNI asal Malang yang menikahi orang Swiss.




(WIL)