Badai Irma, Perancis Telan Kerugian Rp19 Triliun

Antara    •    Sabtu, 09 Sep 2017 20:05 WIB
topan badai
Badai Irma, Perancis Telan Kerugian Rp19 Triliun
Badai Irma yang termasuk badai kategori berbahaya menghancurkan sejumlah pulau di Karibia -- Foto: AFP

Metrotvnews.com, Perancis: Badai Irma yang melanda  Karibia, yakni St Martin dan St Barts telah memberikan dampak kerugian sebesar EUR1,2 miliar atau sekitar Rp19 triliun bagi pemerintah Perancis. Pulau St Martin yang berada di bawah administrasi Prancis dilaporkan luluh lantak.

Seperti dilansir AFP, BUMN asuransi Prancis CCR menyatakan kerugian tersebut meliputi kerusakan rumah, kendaraan dan tempat usaha. "Bencana ini adalah yang paling buruk yang dialami Prancis dalam 35 tahun terakhir," kata Bos CCR Bertrand Labilloy Sabtu 9 September 2017.

Dia menyebut perusahaannya memiliki dana yang cukup untuk memenuhi klaim akibat bencana apa pun.

Menteri Urusan Wilayah Luar Negeri Prancis, Annick Girardin, mengatakan 400 polisi akan dikerahkan ke St Martin yang berpenduduk sekitar 80 ribu orang itu.

Kerusakan parah juga terjadi di negara kepulauan kembar Antigua dan Barbuda. Perdana Menteri Gaston Browne mengatakan hampir 35 persen bangunan hancur.

"Barbuda sekarang benar-benar tinggal puing," kata Browne. Satu orang juga diketahui meninggal akibat badai di pulau berpenduduk 1.600 jiwa itu.

Irma diperkirakan menerjang Florida pada Sabtu malam nanti atau Minggu pagi 10 September 2017 esok. Jika menerjang AS, maka total kerugian akibat Badai Irma sekitar USD120 miliar atau Rp1.584 triliun


(Des)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

8 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA