Swedia Kemungkinan jadi Lokasi Pertemuan AS-Korut

Sonya Michaella    •    Jumat, 16 Mar 2018 09:53 WIB
korea utaraswedianuklir korea utararudal korut
Swedia Kemungkinan jadi Lokasi Pertemuan AS-Korut
Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho tiba di Swedia. (Foto: AFP)

Stockholm: Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho mengunjungi Swedia. Disinyalir, kunjungan ini untuk membahas pertemuan puncak Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Di Stockholm, Ri bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Swedia Margot Wallstrom untuk membahas denuklirisasi Semenanjung Korea, pertemuan Kim-Trump dan nasib tiga orang AS yang ditahan di Pyongyang.

Media lokal melaporkan, ada indikasi bahwa Swedia bisa menjadi lokasi potensial pertemuan dua pemimpin negara yang bersitegang tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat 16 Maret 2018, Ri tiba di Bandara Arlanda Stockholm sekitar pukul 18.15 sore waktu setempat, kemarin.

Korut dan Swedia memiliki hubungan cukup erat. Selain memang mempunyai hubungan diplomatik, Swedia adalah negara pertama di mana Korut membangun kedutaan besarnya pada 1975.

Sebaliknya, Kedutaan Besar Swedia di Pyongyang mewakili kepentingan diplomatik Amerika, Kanada dan Australia. Tak heran, Swedia kini turut memainkan peran dalam rencana pertemuan Kim dan Trump.

Kendati demikian, Kementerian Luar Negeri Swedia belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kunjungan diplomat tertinggi Korut tersebut. 

Seorang pejabat senior Kemenlu Swedia hanya mengatakan bahwa perundingan hanya memusatkan perhatian pada tanggung jawab konsuler Swedia sebagai perantara dari AS, Kanada dan Australia serta berkontribusi pada pelaksanaan resolusi yang efektif.

Trump telah menyatakan kesediannya untuk bertemu dengan Kim Jong-un pada Mei 2018. Pertemuan tersebut akan membahas kesepakatan penghapusan senjata nuklir dari Semenanjung Korea.

Namun, belum ada tanggal pasti dari kedua belah pihak dan di mana mereka akan bertemu. 



(FJR)