Partai Presiden Macron Raih Mayoritas di Pemilu Parlemen

Willy Haryono    •    Senin, 19 Jun 2017 10:48 WIB
pemilu prancis
Partai Presiden Macron Raih Mayoritas di Pemilu Parlemen
Jajaran politikus partai REM di Prancis. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Paris: Partai milik Presiden Prancis Emamnuel Macron meraih suara mayoritas dalam pemilihan umum parlemen pada Minggu 18 Juni 2017, meski hasilnya sedikit meleset dari kemenangan mutlak. 

Republique en Marche (Pergerakan Republik atau REM) dan partai koalisi lainnya meraih 351 dari total 577 kursi di Dewan Nasional Prancis. Ini merupakan angka final dalam pemilu parlemen putaran kedua. 

Didirikan 16 bulan lalu, partai Macron telah merombak peta perpolitikan di Prancis. Kemenangan telak ini sedikit lebih rendah dari prediksi 470 kursi oleh beberapa lembaga survei. 

Kemenangan ini akan memperkuat tangan Macron dalam mengimplementasikan sejumlah program reformasi yang diserukannya semasa kampanye. 

"Satu tahun lalu, tidak ada satu orang pun yang membayangkan adanya pembaruan di dunia politik," ucap Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe, seperti dikutip AFP

"Sekarang semua tergantung keinginan presiden untuk mengembuskan napas baru ke demokrasi dan warga Prancis yang menginginkan wajah segar di parlemen," sambung dia. 

Kesuksesan Macron dibayang-bayangi rendahnya tingkat keikutsertaan warga dalam pemilu parlemen, yakni hanya di angka 44 persen. Sejumlah oposisi mengklaim Macron sebenarnya tidak mendapatkan dukungan kuat dari masyarakat. 


(WIL)