Inggris akan Resmi Bahas Brexit pada 29 Maret

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 21 Mar 2017 02:48 WIB
brexit
Inggris akan Resmi Bahas Brexit pada 29 Maret
Ilustrasi (REUTERS/Neil Hall)

Metrotvnews.com, London: Pemerintah Inggris akan secara resmi memulai proses keluarnya dari Uni Eropa atau yang dikenal dengan Brexit pada 29 Maret 2017. Proses ini baru dimulai pasca sembilan bulan dilakukannya referendum pada bulan Juni tahun lalu. 

Mengacu pada pasal 50 Traktat Lisbon Uni Eropa, proses negosiasi dan prosedur formal untuk meninggalkan Uni Eropa membutuhkan waktu dua tahun. Artinya Inggris baru bisa benar-benar keluar dari Uni Eropa pada tahun 2019.

"Perwakilan tetap Inggris ke Uni Eropa memberitahu Presiden Uni Eropa Donald Tusk bahwa itu niat Inggris untuk negosiasi pada tanggal 29 Maret," kata juru bicara Perdana Menteri Theresa May pada wartawan, dikutip Selasa 21 Maret 2017.  

Juru bicara itu mengatakan Theresa May akan memberitahu Tusk secara tertulis dan kemudian memberikan pidato kepada parlemen Inggris.

"Kami ingin perundingan dimulai segera," kata dia.

Dalam referendum bulan Juni tahun lalu 52 persen warga Inggris menginginkan Inggris meninggalkan Uni Eropa. Inggris menjadi negara pertama yang keluar dari Uni Eropa sejak organisasi ini terbentuk.

Pengumuman dimulanya negosiasi ini dilakukan beberapa hari sebelum Uni Eropa merayakan ulang tahun ke-60 sejak Perjanjian Roma yang menjadi cikal bakal terbetuknya organisasi itu. 

Uni Eropa menujuk Michel Barnier anggota Komisi Eropa sebagai kepala negosiator yang mewakili 27 negara anggota lainnya. Ia akan memulai pembicaraan dengan London untuk membahas Brexit.

"Semuanya sudah siap di sisi ini. Kami siap untuk memulai negosiasi," kata Margaritis Schinas, juru bicara Kepala Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, dalam penjelasan.


(REN)

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

20 hours Ago

Khalid Masood, warga Inggris 52 tahun dengan riwayat pelanggaran kekerasan tapi diyakini bukan…

BERITA LAINNYA