Ledakan Pabrik BASF di Jerman, Dua Orang Tewas

Arpan Rahman    •    Selasa, 18 Oct 2016 11:57 WIB
ledakan
Ledakan Pabrik BASF di Jerman, Dua Orang Tewas
Ledakan yang terjadi di pabrik BASF Jerman (Foto: DW)

Metrotvnews.com, Ludwigshafen: Sebuah ledakan di fasilitas milik perusahaan kimia BASF di barat daya Jerman. Insiden ini menewaskan dua orang dan melukai sedikitnya enam korban lainnya, pada Senin 17 Oktober. 
 
Insiden itu dikonfirmasi oleh otoritas setempat. Dua korban sisa masih dilaporkan hilang berjam-jam setelah ledakan.
 
Ledakan terjadi di pagi hari, di sebuah pelabuhan sungai di Ludwigshafen, yang digunakan sebagai dermaga bongkar-muat cairan yang mudah terbakar dan gas cair.
 
Manajer pabrik Uwe Liebelt mengatakan, peristiwa diawali api yang menyala di pipa antara bagian di mana cairan dibongkar dan tangki penyimpanan. Ledakan terjadi setelah pemadam kebakaran perusahaan tiba di tempat kejadian.
 
"Asal ledakan belum dapat kami jelaskan saat ini," kata Liebelt kepada wartawan seperti disitir Daily Mail, Selasa (18/10/2016). Dia menambahkan, belum mengetahui zat apa yang terbakar dan tidak merinci identitas para korban.
 
Sebelumnya, pada hari yang sama, perusahaan telah melaporkan bahwa satu korban telah meninggal dalam ledakan tersebut. BASF menurut juru bicara Silvie-Kristin Wemper mengonfirmasi, pada Senin malam, bahwa korban tewas telah bertambah menjadi dua.
 
Di lokasi, api berkobar dan asap hitam membubung naik ke atas pabrik. Polisi meminta warga di Ludwigshafen, di mana kompleks BASF berada, dan kota terdekat Mannheim, untuk tinggal di dalam rumah, menutup semua jendela dan pintu serta mematikan AC. 
 
Seperti dikutip Deutsche Welle, polisi mengatakan tidak tahu persis risiko bahaya bahan kimia di udara dalam segumpal asap yang berkepul dari lokasi kebakaran. 
 
Pemerintah kota Ludwigshafen melaporkan di Twitter bahwa penduduk yang bermukim di dekat pabrik mengeluh mengalami "iritasi pernapasan."



(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA