Mobil Van Tabrak Kantor Surat Kabar Ternama di Belanda

Willy Haryono    •    Selasa, 26 Jun 2018 19:05 WIB
belanda
Mobil Van Tabrak Kantor Surat Kabar Ternama di Belanda
Sebuah mobil van terbakar hebat usai menabrak kantor surat kabar De Telegraaf di Amsterdam, Belanda, 26 Juni 2018. (Foto: AFP/ANP/LAURENS BOSCH)

Amsterdam: Kepolisian Belanda melakukan investigasi usai sopir sebuah mobil van sengaja menabrak kantor salah satu surat kabar ternama di Amsterdam, Selasa 26 Juni 2018 pagi waktu setempat.

"Pagi ini sekitar pukul 04.00, sebuah mobil van dari jasa pengiriman menabrak kantor media di Basisweg di Amsterdam," tutur kepolisian Belanda, seperti dilansir dari AFP.

"Gedung tersebut merupakan kantor utama De Telegraaf, surat kabar yang fokus memberitakan olahraga, kejahatan dan gosip selebritas," lanjutnya.

Aparat meyakini aksi menabrak kantor berita itu dilakukan pelaku secara sengaja. Tidak ada yang terluka dalam kejadian ini, sementara pelaku melarikan diri dengan menggunakan sebuah mobil berwarna gelap.

Mobil van itu terbakar hebat setelah menabrak gedung. De Telegraaf juga meyakini penabrakan ini merupakan serangan yang disengaja. Mobil tidak dapat menembus hingga ke kantor Telegraaf karena kaca lobi gedung terbuat dari bahan khusus.

"Kami tidak akan bisa diintimidasi," ujar pemimpin redaksi De Telegraaf, Paul Jansen. Ia menolak berspekulasi siapa dalang di balik serangan.

Perdana Menteri Mark Rutte menilai insiden ini, meski detailnya belum jelas, adalah sebuah "tamparan bagi kebebasan pers dan demokrasi Belanda."

Wali Kota Amsterdam Jozias van Aartsen mengaku sudah berbicara kepada beberapa instansi terkait mengenai kemungkinan penerapan pengamanan ekstra bagi De Telegraaf dan media lainnya di ibu kota Belanda.

Insiden terjadi usai pekan lalu seorang pria menembakkan senjata anti-tank ke sebuah bangunan di Sloterdijk, Amsterdam, yang juga dipakai sebagai beberapa kantor media.


(WIL)