Pelaku Teror Stockholm Pernah Coba Gabung ISIS

Willy Haryono    •    Rabu, 12 Apr 2017 23:12 WIB
isis
Pelaku Teror Stockholm Pernah Coba Gabung ISIS
Foto dari rekaman CCTV memperlihatkan Rakhmat Akilov. (Foto: PA)

Metrotvnews.com, Tashkent: Pria yang melakukan aksi teror di Stockholm, Swedia, telah berusaha pergi ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok Islamic State (ISIS), ucap seorang sumber otoritas keamanan Uzbekistan. 

Sumber itu mengatakan Rakhmat Akilov, 39, telah terpengaruh sel Tajik ISIS saat dirinya tinggal di Swedia. Akilov, seorang warga Uzbekistan, ditangkap di perbatasan Turki-Suriah dan dideportasi ke Swedia pada 2015.

Seperti dikutip ITV, Rabu 12 April 2017, sumber itu juga mengatakan bahwa otoritas Uzbekistan memasukkan Akilov dalam daftar terduga ekstremis pada Februari lalu. 

Empat orang tewas dan sejumlah lainnya terluka saat Akilov menabrak truk ke kerumunan orang dan sebuah pusat perbelanjaan di Stockholm pada Jumat pekan kemarin. 

Dalam konferensi pers di akhir pekan, kepolisian Swedia menyebut Akilov adalah seorang pencari suaka yang permohonan suakanya ditolak. Disebutkan pula Akilov menaruh perasaan simpatik terhadap grup ekstremis seperti ISIS.

Pengacara Akilov, Johan Eriksson, mengatakan pada Selasa kemarin, bahwa kliennya "mengakui melakukan aksi terorisme dan menerima penahanan."

Sementara itu pria kedua yang ditangkap atas serangan di Stockholm tidak menghadapi tuntutan, namun akan dideportasi.


(WIL)