Hadapi Tantangan Global, Uni Eropa Butuh Jerman

Sonya Michaella    •    Senin, 25 Sep 2017 17:48 WIB
politik jerman
Hadapi Tantangan Global, Uni Eropa Butuh Jerman
Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Brussels: Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengucapkan selamat kepada Angela Merkel atas kemenangannya untuk keempat kali menjabat sebagai Kanselir Jerman.

"Mengingat tantangan global semakin banyak , Eropa membutuhkan Pemerintah Jerman yang lebih kuat dari sebelumnya," kata juru bicara Juncker, Margaritis Schinas yang mengutip surat pribadi Juncker untuk Merkel.

Dilansir dari AFP, Senin 25 September 2017, Uni Eropa juga membutuhkan pemimpin Jerman yang aktif untuk membentuk masa depan Eropa dan Uni Eropa tak pernah ragu dengan kepemimpinan Merkel.

Angela Merkel kembali meraih kemenangannya dalam pemilihan di Jerman pada Minggu, 24 September 2017. Kemenangannya ini membawanya ke kursi kepemimpinan yang sudah dipegang selama empat periode.

Namun, kemenangannya dibumbui protes dari para pendukung AfD, sebuah partai sayap kanan yang keras terhadap kebijakan suaka yang dikeluarkan Merkel. Disebutkan partai ini mempertunjukkan nasionalisme terkuat sepanjang sejarah sejak Perang Dunia II.

Merkel yang sudah 12 tahun berkuasa di Negeri Bavaria, tetap berada di dalam blok konservatif Christian Union (CDU/CSU). Mereka berhasil meraih suara 33 persen dalam parlemen.

Namun, angka tersebut dianggap skor terburuk mereka sejak 1949. Jumlah pemilih kali ini lebih tinggi dibanding empat tahun lalu, yakni naik menjadi 76 persen.

Rival terdekat CDU/CSU, Demokrat Sosial, dan kandidat kanselir mereka, Martin Schulz, menyusul dengan angka cukup tipis, yaitu 21 persen.

Namun, situasi politik Jerman kian gempar ketika yang terkenal anti-Muslim dan anti-imigran meraih sekitar 13 persen suara. 

Sementara itu, juru bicara AfD, Alexander Gauland, mengatakan bahwa partainya akan menjadi oposisi kuat bagi pemerintahan baru. 

Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi pemimpin dunia pertama yang mengucapkan selamat pada Merkel. Dia berjanji kedua mitra utama Eropa ini akan terus melanjutkan 'kerja sama penting' mereka.



(WIL)