Perburuan Pelaku Ledakan di London Terus Berlanjut

Willy Haryono    •    Sabtu, 16 Sep 2017 14:42 WIB
ledakan london
Perburuan Pelaku Ledakan di London Terus Berlanjut
Polisi bersiaga di sekitar lokasi ledakan di stasiun Parsons Green, London, Inggris, 15 September 2017. (Foto: AFP/ADRIAN DENNIS)

Metrotvnews.com, London: Kepolisian Inggris terus berupaya mengejar seseorang yang menaruh sebuah bom di stasiun bawah tanah London, Sabtu 16 September 2017, di tengah peningkatan status keamanan nasional ke level kritis. 

Ledakan bom pada Jumat kemarin, yang melukai 29 orang, adalah serangan teror kelima di Inggris dalam enam bulan terakhir. Serangan tersebut diklaim kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan tadi malam bahwa level ancaman dinaikkan ke "kritis." 

PM May kemudian mengerahkan personel militer untuk mengamankan berbagai situs penting agar kepolisian dapat bergerak lebih bebas dalam mengejar pelaku. 

Pagi kemarin, ledakan di stasiun Parsons Green di London menimbulkan "tembok api" yang melukai sejumlah penumpang. Ledakan juga memicu kepanikan, di mana sejumlah orang terinjak-injak mereka yang berusaha melarikan diri. 

Belum ada satu orang pun yang ditangkap atas pengeboman ini. Namun, Kepala Kepolisian Unit Anti-Terorisme Inggris Mark Rowley mengklaim investigasi sejauh ini berlangsung baik. 

"Kami sedang mengejar pelaku," tutur dia kepada awak media, seperti dikutip AFP.

"Seseorang telah meletakkan bom rakitan (IED) di stasiun kereta. Kami harus berpikiran terbuka saat ini, mengenai pelaku dan kemungkinan adanya sejumlah rekan," lanjut dia. 

Status kritis terakhir kali diterapkan setelah ledakan di sebuah konser di Manchester pada Mei lalu. Serangan itu juga diklaim ISIS.

 


(WIL)