Atout France Gelar Kontes Foto Berhadiah Wisata ke 4 Kota di Prancis

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 05 Sep 2017 17:20 WIB
indonesia-prancis
Atout France Gelar Kontes Foto Berhadiah Wisata ke 4 Kota di Prancis
Menara Eiffel menjadi tujuan wisata ternama di Paris, Prancis (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka mempromosikan pariwisata, Badan Pariwisata Prancis, Atout France, menyelenggarakan kontes foto di laman Facebook. Pemenang kontes akan diikut sertakan dalam Tur Musim Dingin ke Prancis dengan membawa serta tiga anggota keluarga lainnya.
 
Direktur Atout France ASEAN Morad Tayebi mengatakan, kontes ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan wisata Prancis yang tak hanya Paris saja.
 
"Dalam budaya Indonesia, berwisata dengan keluarga memang penting. Musim dingin dan Natal merupakan momen baik untuk berkumpul bersama keluarga. Karenanya, Atout France mengadakan kontes foto dengan hadiah berlibur di Prancis selama 12 hari di musim dingin," ujar Tayebi, saat ditemui di Institut Francais Indonesia, Jakarta, Selasa 5 September 2017.
 
Kontes akan dilangsungkan per 5 September hingga 9 Oktober 2017. Pemenang nantinya akan diseleksi dan diumumkan pada 13 Oktober mendatang. Juri kontes foto ini terdiri dari pihak Atout France dan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Bethonnet.
 
Pemenang, ujar Tayebi, dapat membawa serta tiga orang keluarganya dan akan mendapat pelayanan bintang lima. Mereka akan diajak pergi ke empat kota besar di Prancis.
 
"Empat wilayah akan dikunjungi pemenang dan keluarganya, yaitu Provence Cote d'Azur, Chamonix, Lyon dan Paris," imbuh Tayebi.
 
Di Provence Cote d'Azur, pemenang akan diajak keliling kota Nice, Grasse yang adalah ibu kota parfum dunia, dan Avignon. Sementara di Chamonix, pemenang bisa melihat keindahan pemandangan Montenvers dan Pegunungan Alpen.
 
Sementara itu, di Lyon, yang merupakan kota terbesar kedua setelah Paris, dan juga ibu kota kuliner Negeri Menara Eiffel, pemenang akan dibawa ke daerah Le Vieux Lyon dan mencicipi makanan di restoran tradisional. Kota Lyon sendiri masuk dalam warisan dunia UNESCO. Peserta juga akan melihat festival lampu terbesar di Prancis yang diadakan setahun sekali.
 
Kemudian, di akhir perjalanan pemenang akan dibawa ke Paris, kota cinta yang memang menjadi ikon negara tersebut. Di Paris, selain ke Menara Eiffel dan Disneyland, pemenang dan keluarga akan diajak belanja di sana.
 
Selain membagikan foto di laman Facebook Atout France www.facebook.com/ASEAN.France.Fr, kontestan harus menyertakan keterangan mengapa mereka ingin ke Prancis. Foto yang diunggah harus memiliki korelasi dengan keterangan tersebut.
 
Acara ini merupakan bagian dari promosi besar-besaran pariwisata Prancis. Sejak tragedi di Paris dan Nice tahun akhir 2015 lalu, jumlah wisatawan menurun drastis. Pada 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang ke Prancis sebanyak 83 juta, jumlah ini berkurang 1,5 juta dari tahun sebelumnya.
 
"Pariwisata menyumbang delapan persen pendapatan negara. Karena berpengaruh ke ekonomi, makanya Presiden Macron memerintahkan untuk menggenjot kembali bidang pariwisata," ucapnya.
 
Prancis merupakan destinasi wisata nomor wahid turis seluruh dunia, diikuti Amerika Serikat dan Spanyol. Hingga akhir 2017, pemerintah menargetkan harus mendapat 89 juta wisatawan yang melancong ke sana.
 
Indonesia sendiri menyumbangkan 150 ribu wisatawan ke Prancis pada 2016. Karenanya, Indonesia disebut negara paling banyak penyumbang wisatawan terbanyak dari ASEAN.



(FJR)