Prancis Latih Pasukan Keamanan untuk Pameran Dunia 2025

Sonya Michaella    •    Rabu, 03 Jan 2018 17:50 WIB
prancis
Prancis Latih Pasukan Keamanan untuk Pameran Dunia 2025
Polisi Prancis melakukan penjagaan dalam perayaan pergantian tahun di Paris, 1 Januari 2018 (Foto: AFP).

Jakarta: Keamanan menjadi salah satu pertimbangan penting ketika sebuah acara yang cukup besar dihelat di sebuah negara. Begitupun Prancis, yang mengaku sudah mempersiapkan keamanan untuk pencalonan menjadi tuan rumah Pameran Dunia 2025.
 
"Keamanan menjadi faktor utama kami, mengingat Prancis beberapa kali menjadi sasaran teroris di tahun-tahun kemarin," kata Utusan Antarkementerian untuk pencalonan Prancis sebagai tuan rumah Pameran Dunia 2025, Pascal Lamy, kepada awak media di Institut Francais Indonesia, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.
 
Pelatihan petugas keamanan pun diadakan secara berkala untuk terus menjaga lokasi-lokasi penting tempat digelarnya Pameran Dunia 2025 jika Prancis terpilih nanti.
 
"Kami juga melakukan pelatihan petugas keamanan Prancis untuk memperkuat pencalonan kami sebagai tuan rumah, misalnya lokasi penting seperti Menara Eiffel," lanjut dia.
 
Rentetan teror di Prancis dimulai sejak awal 2015 di mana Dua pria bersenjatakan senapan Kalashnikov menyerang kantor tabloid satir Charlie Hebdo di Ibu Kota Paris.
 
Teror berlanjut sampai pertengahan 2017 di mana seorang pria yang mengaku simpatisan ISIS menembak mati seorang polisi Prancis di kawasan ternama Champs Elysees. 
 
Sebelumnya, Prancis pernah menjadi tuan rumah dari COP21, UEFA Euro 2016, Tour de France dan masih banyak lagi.
 
"Prancis juga pernah menjadi tuan rumah Pameran Dunia selama lima kali yaitu tahun 1855, 1867, 1878, 1889, dan 1900," ucap Lamy lagi.
 
Pameran Dunia 2025 akan mengusung tema 'Knowledge to share, the planet to protect' di mana Lamy mengatakan bahwa tema ini sejalan dengan apa yang diusung Prancis pula selama ini.
 
Pemilihan kini sedang berlangsung dan hasil akan keluar pada November 2018. Prancis pun bersaing dengan Jepang, Rusia dan Azerbaijan untuk menjadi tuan rumah. 



(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

18 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA