Spanyol Tuding Rusia Ikut Andil di Referendum Catalonia

Sonya Michaella    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:34 WIB
referendum catalonia
Spanyol Tuding Rusia Ikut Andil di Referendum Catalonia
Demo warga Catalonia di Barcelona yang menuntut kemerdekaan dari Spanyol. (Foto: AFP)

Madrid: Spanyol menyatakan, ada campur tangan Rusia di dalam referendum Catalonia yang bermaksud untuk mengacaukan Spanyol. Campur tangan Rusia ini dilakukan oleh kelompok yang menggunakan media sosial di mana mereka gencar mempromosikan referendum Catalonia.

"Yang kami ketahui, saat ini ada kelompok publik atau swasta yang mencoba mempengaruhi situasi dan menciptakan ketidakstabilan di Eropa," kata Menteri Pertahanan Spanyol, Maria Dolores de Cospedal, dikutip dari Express, Selasa 14 November 2017.

Menteri Luar Negeri Spanyol Alfonso Dastis juga menegaskan bahwa pemerintah mempunyai bukti yang jelas atas keterlibatan Rusia ini.

"Ya. Kami memiliki bukti. Spanyol telah mendeteksi akun palsu di media sosial, setengahnya berpusat di Moskow dan sisanya ada di Venezuela," ucap Dastis.

Disebutkan, kelompok dari Rusia dan Venezuela ini menggunakan Twitter, Facebook dan sosial media lainnya untuk gencar menyiarkan pemberontakan Catalonia terhadap Spanyol.

"Kami telah mengkomunikasikan masalah ini dengan Kremlin," tegas Dastis lagi.

Namun, para pemimpin separatis Catalonia membantah bahwa ada campur tangan Rusia di upaya mereka untuk berpisah dengan Madrid.

Ramon Tremosa, anggota parlemen Uni Eropa yang mendukung Catalonia, menyebut bahwa Rusia sama sekali tidak berperan dalam referendum Catalonia tersebut.

Bahkan, ia menyebut bahwa Spanyol-lah yang membantu armada Rusia dalam beberapa tahun terakhir, terlepas dari boikot Uni Eropa, di mana Madrid mengizinkan kapal perang Moskow mengisi bahan bakar di pelabuhan.



(FJR)