Bukan Pecandu, Veteran tak Dapat Bantuan Rumah

Wanda Indana    •    Jumat, 05 Dec 2014 08:41 WIB
veteran
Bukan Pecandu, Veteran tak Dapat Bantuan Rumah
Matthew Dennis (kanan)--Mirror.co.uk

Metrotvnews.com, Bournemouth: Seorang tentara veteran angkatan darat di Inggris terancam menjadi gelandangan. Pasalnya, pejabat setempat menolak memberikan bantuan karena dia bukan pemabuk dan pecandu narkoba.

Matthew Dennis, 39, menghabiskan sembilan tahun mengabdi pada negaranya. Ia bertugas di Irlandia Utara dan Bosnia. Atas jasanya itu, Dennis sempat mencapai pangkat kopral.

Namun, Dennis diusir dari kontrakannya pekan lalu setelah kehilangan pekerjaannya di sebuah restoran. Di sana, ia bekerja sebagai tukang di dapur sejak meninggalkan dunia militer pada 2000.

Dia pun akhirnya menghadap ke dewan lokal untuk mendapatkan bantuan rumah. Malangnya, Dennis tidak memenuhi syarat mendaftar dalam program perumahan prioritas. Ia ditolak karena ia tidak memiliki masalah dengan obat-obatan atau alkohol ataupun masuk dalam kategori orang lemah.

"Saya merasa kecewa, saya pergi ke dewan untuk mencari bantuan. Mereka mengatakan karena saya tidak memiliki masalah dengan obat-obatan atau alkohol, saya bukan prioritas," ujar Dennis kesal seperti dikutip dari Mirror pada Jumat (5/12/2014).

Pemilik perumahan di Bournemouth, Dorset, kini dituduh gagal menegakkan konvensi Angkatan Bersenjata. Pada aturan itu tercantum negara memiliki kewajiban moral untuk mengurus mantan prajurit.

Beruntung, Dennis saat ini dibantu salah satu lembaga amal, Homes4Heroes. Ia ditempatkan di sebuah rumah di Bournemouth. Biaya sewa rumah sekaligus makanan seharga £95 ditanggung oleh Homes4Heroes.

Seorang Koordinator Homes4Heroes, David Wood mengatakan lembaganya masih kecil dan tidak akan mampu untuk terus membiayai Dennis. "Kami adalah amal kecil dan menanggung (Dennis) Matthew dengan biaya £ 95 per minggu. Otoritas lokal harus menerapkan perjanjian seperti pemerintah janjikan," ujarnya.

 


(OGI)