Empat Gempa Landa Italia, Satu Orang Tewas

Willy Haryono    •    Kamis, 19 Jan 2017 12:19 WIB
gempa italia
Empat Gempa Landa Italia, Satu Orang Tewas
Orang-orang berdiri di jalanan kota Aringo dekat Montereale, setelah terjadinya gempa 5,7 SR, 18 Januari 2017. (Foto: AFP/ANDREAS SOLARO)

Metrotvnews.com, Roma: Italia dilanda empat gempa bumi dalam selang waktu empat jam pada Rabu, 18 Januari, yang menewaskan satu orang dan memicu trauma di tengah masyarakat terkait serangkaian guncangan dahsyat tahun lalu. 

Keempat gempa, semua berkekuatan lebih dari 5.0 Skala Richter (SR), mengguncang dekat Amatrice, sebuah kota di wilayah pegunungan. Kota tersebut diguncang gempa pada Agustus tahun lalu, yang berujung pada tewasnya hampir 300 orang. 

Jasad satu korban tewas akibat gempa terbaru ditemukan di bawah reruntuhan bangunan di kota Castel Castagna, provinsi Teramo. Sementara media lokal melaporkan adanya tiga orang yang tersapu salju longsor akibat gempa. 

Ketiga orang merupakan bagian dari 20 turis yang menginap di sebuah hotel di provinsi Pescara. Empat tim penyelamat bergerak menuju lokasi kejadian untuk mencari para korban. 

Saat malam tiba dan temperatur turun drastis, rasa takut menyelimuti warga di beberapa daerah terpencil. Lebih dari 130 rumah di area gempa juga kehilangan aliran listrik. 

Seorang ibu dan anaknya diselamatkan dari reruntuhan bangunan dekat Teramo di Abruzzo. Keduanya mengalami hipotermia. 

"Kejadian ini sangat mengejutkan. Kami takut," kata Nello Patrizi, seorang petani di Montereale, wilayah selatan dari Amatrice, seperti dilansir AFP.

"Gempa pertama cukup kuat, dan yang lainnya terasa lebih kuat lagi. Semua terasa seperti akan roboh, orang-orang berteriak panik," sambung dia. 

Italia berada di antara lempeng tektonik Eurasia dan Afrika. Saat kedua lempeng ini bergerak, Italia berada dalam bahaya. 

Bencana alam terburuk di abad ke-20 di Italia terjadi pada 1908, saat sekitar 95 ribu orang tewas tergulung ombak setelah gempa kuat melanda laut di antara pulau utama Italia dan Sicilia.

 


(WIL)