Produk Unggulan Indonesia Ditawarkan kepada Pengusaha Slovenia

   •    Jumat, 07 Dec 2018 08:04 WIB
indonesia-slovenia
Produk Unggulan Indonesia Ditawarkan kepada Pengusaha Slovenia
Duta Besar RI untuk Austria merangkap Slovenia Darmansjah Djumala bertemu dengan pengusaha ternama Slovenia. (Foto: Dok.KBRI Wina).

Ljubljana: Indonesia terus meningkatkan hubungan perdagangan, investasi dan pariwisata dengan Slovenia. Duta Besar RI untuk Austria merangkap Slovenia Darmansjah Djumala melakukan pertemuan dengan pengusaha ternama di Slovenia.

Di hadapan puluhan orang pengusaha yang hampir seluruhnya pada level CEO, Dubes Darmansjah menginformasikan perkembangan terkini perekonomian Indonesia. Selain juga memperkenalkan produk-produk ekspor unggulan, Dubes Darmansjah memperkenalkan proyek-proyek investasi serta destinasi wisata ternama di Indonesia.

"Inilah saat yg tepat untuk menembus pasar dan berinvestasi di Indonesia. Kemudahan untuk berbisnis, transparansi, dan iklim investasi yang baik memberikan peluang FDI 100 persen di sektor Tourism, Film production dan e-commerce by partnership with SMEs,” ucap Dubes Darmansjah, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 7 Desember 2018.

Lebih lanjut Dubes menggarisbawahi bahwa meskipun nilai perdagangan Indonesia dengan Slovenia relatif kecil, namun nilai perdagangan tahun 2017 telah menunjukan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Terdapat potensi yang besar dalam peningkatan ekspor Indonesia, khususnya dengan memanfaatkan keberadaan Pelabuhan Koper di Slovenia sebagai pintu masuk produk Indonesia ke pasar Eropa Tengah dan Timur.

Total perdagangan Indonesia dengan Slovenia tahun 2017 tercatat sebesar yaitu USD120,6 juta, meningkat 17 persen dibandingkan tahun 2016 yang berjumlah USD102,8 juta.  Investasi Slovenia pada tahun 2017 berada pada peringkat 73 dengan nilai USD0,5 juta. Sementara wisatawan Slovenia yang berkunjung ke Indonesia dalam 3 tahun belakangan ini terus menunjukan peningkatan sebesar 23,2 persen.

Perusahaan-perusahaan besar Slovenia yang hadir, antara lain Adria Kombi, Plasta, Interenergo, Solvera Lynx, ISKRA, Ernst & Young, merupakan perusahaan yang masuk dalam 100 perusahaan terbesar di Slovenia. Mereka menyatakan tertarik untuk menjajagi kerja sama usaha dengan mitra potensial Indonesia dengan melihat potensi perekonomian Indonesia yang sangat menjanjikan di tengah-tengah kondisi ekonomi Eropa yang dibayangi isu politik  Brexit, konflik regional, dan perang dagang dengan Amerika Serikat. Hadir pula Konsul Kehormatan RI untuk Slovenia, ITPC – Indonesia Trade Promotion Center Budapest dan EIBN - European-Indonesia Business Network.

Pada dialog tersebut juga dilakukan mini expo yg menampilkan produk kopi, makanan dan minuman, essential oil serta produk unggulan lainnya oleh exportir produk Indonesia di Slovenia.


(FJR)