Banjir Bandang Tutup Sejumlah Ruas Jalan di Inggris

Willy Haryono    •    Senin, 28 May 2018 08:01 WIB
banjir bandang
Banjir Bandang Tutup Sejumlah Ruas Jalan di Inggris
Sejumlah ruas jalan di Midlands tergenang banjir sepanjang akhir pekan, Minggu 27 Mei 2018. (Foto: David Davies/PA)

London: Banjir bandang akibat hujan deras dan badai sepanjang akhir pekan telah menutup sejumlah ruas jalan di kawasan Midlands, Inggris bagian pusat, Minggu 27 Mei 2018.

Seperti dikutip dari Guardian, banjir bandang terjadi di Midlands karena curah hujan dengan intensitas setara satu bulan penuh turun selama satu jam.

Jalan raya utama M5 dan beberapa lainnya tertutup genangan air. Sejumlah kendaraan terendam air dengan ketinggian 1,5 meter.

Badan Meteorologi Britania Raya (Met Office) menyebut hujan dengan intensitas 2,3in turun selama 60 menit di Edgbaston. Met Office pun mengeluarkan peringatan berwarna kuning, yang artinya "ancaman bahaya bagi kehidupan."

Agensi Lingkungan Hidup Inggris juga mengeluarkan peringatan banjir di sejumlah area, yang meliputi area Rea dan sungai Cole.

Ruas jalan utama M5 antara Halesowen dan Oldbury terpaksa ditutup karena tergenang banjir. Beberapa area M42 dan M6 dijadikan rute alternatif untuk pintu keluar kendaraan.

Kepolisian West Midlands mengingatkan warga untuk menghindari berkendara di Birminham. Jalan Pershore di Oakfield, Selly Oak juga terendam banjir dengan ketinggian air 1,5 meter.

Sementara itu BBC Weather melaporkan sekitar 15 ribu sambaran petir terjadi selama empat jam di Inggris pada Sabtu malam.

Tomasz Schafernaker dari BBC Weather menyebut fenomena kali ini sebagai "ibu dari segala badai petir."


(WIL)