Kanselir Jerman: Uni Eropa Alami Situasi Kritis

Sonya Michaella    •    Jumat, 16 Sep 2016 16:26 WIB
uni eropa
Kanselir Jerman: Uni Eropa Alami Situasi Kritis
Markas Uni Eropa di Belgia (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bratislava: Kanselir Jerman, Angela Merkel memperingatkan bahwa blok Uni Eropa (UE) sedang mengalami situasi kritis.

Berbicara pada pertemuan untuk membicarakan masa depan Brexit (Britain Exit) di Bratislava, Slovakia, Merkel menegaskan bahwa Uni Eropa sedang 'lemah'.

"Kami sedang berada dalam situasi kritis. Kami harus menunjukkan dengan tindakan, bahwa kami bisa mendapatkan yang lebih baik," kata Merkel, seperti dikutip AFP, Jumat (16/9/2016).

Ia menambahkan bahwa Uni Eropa harus lebih baik di bidang pertumbuhan dan pekerjaan.


Kanselir Jerman, Angela Merkel/AFP

27 anggota Uni Eropa bertemu untuk menyusun 'peta jalan' bagi Inggris yang memutuskan untuk keluar dari blok tersebut pada Juni lalu.

"Masalah yang ada tak bisa diselesaikan hanya dalam satu pertemuan," tegasnya lagi.

Intinya, lanjut dia, tak hanya solusi yang diharapkan, melainkan adanya tindakan bahwa Uni Eropa bisa menjadi lebih baik lagi.

Mulanya, Uni Eropa beranggotakan 28 negara. Namun, dengan keluarnya Inggris, maka tersisalah 27 negara, yaitu Belanda, Jerman, Italia, Belgia, Luksemburg, dan Prancis.

Lalu masih ada pula Denmark, Irlandia, Yunani, Portugal, Spanyol, Austria, Finlandia, Swedia, Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Malta, Polandia, Siprus, Slovenia, Slovakia, Bulgaria, Rumania, dan Kroasia.

Turki pun ingin bergabung dengan Uni Eropa. Namun, blok tersebut masih mempertimbangkan keinginan Turki mengingat kekacauan yang terjadi sangat tinggi di Turki.


(FJR)