Putin Serukan Kerja Sama Pragmatis dengan Trump

Willy Haryono    •    Sabtu, 30 Dec 2017 20:09 WIB
as-rusia
Putin Serukan Kerja Sama Pragmatis dengan Trump
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden AS Donald Trump saat bertemu di KTT APEC di Danang, Vietnam, 11 November 2017. (Foto: AFP/Sputnik/MIKHAIL KLIMENTYE)

Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan "kerja sama pragmatis" kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam doa harapan Tahun Baru, Sabtu 30 Desember 2017. 

Dalam sebuah pernyataan dari kantor kepresidenan Rusia, seperti dilansir AFP, Putin menyampaikan kepada Trump bahwa "dialog konstruktif Rusia-Amerika diperlukan untuk memperkuat stabilitas strategis dunia." 

Putin juga menyampaikan pesan ke sejumlah tokoh, termasuk pemimpin negara-negara pecahan Soviet, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Suriah Bashar al-Assad. 

Untuk Assad, yang ditemuinya dalam kunjungan kejutan di Pangkalan Udara Hmeimim bulan ini, Putin "mengekspresikan harapan tulus bahwa perubahan-perubahan penting akan terus terjadi di Suriah."

Pernyataan menambahkan, Putin mengatakan kepada Assad bahwa "Rusia akan terus menunjukkan dukungannya kepada Republik Arab Suriah untuk melindungi kedaulatan, kesatuan dan integritas negara."

Rusia terlibat dalam konflik Suriah pada September 2015 lewat serangkaian serangan udara untuk mendukung militer Assad. 

Bulan ini, Putin telah memerintahkan penarikan sebagian pasukan Rusia dari Suriah.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

1 day Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA