Polandia Ingin Perkuat Kerja Sama Dialog Lintas Agama dengan Indonesia

Fajar Nugraha    •    Kamis, 30 Nov 2017 09:21 WIB
indonesia-polandia
Polandia Ingin Perkuat Kerja Sama Dialog Lintas Agama dengan Indonesia
Pertemuan bilateral Wamenlu RI, DR. A M Fachir dengan Wamenlu Polandia Witold Waszczykowski (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Warsawa: Sebagai negara yang memiliki keragaman yang luas, Indonesia dikenal terus menjaga dialog dalam melakukan hubungan antar masyarakat.
 
Dialog ini pun berlangsung antar pemeluk agama yang ada di Indonesia. Hal ini yang diinginkan oleh Polandia dalam bentuk kerja sama.
 
"Polandia menilai Indonesia memiliki keunggulan dalam bidang Maritim dan Dialog Lintas Agama. Oleh karena itu mereka ingin kerja sama lebih lanjut utamanya dalam kedua bidang itu dengan Indonesia," demikian disampaikan Wamenlu RI DR. AM Fachir setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Witold Waszczykowski di Warsawa, Rabu 29 November 2017.
 
"Sebagai langkah kongkret, kami sepakat untuk selenggarakan Konsultasi Bilateral di Indonesia pada 2018 dengan turut mengikutsertakan delegasi pengusaha serta delegasi tokoh-tokoh lintas agama," Ungkap Wamenlu RI yang turut didampingi oleh Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F. Gontha. 
 
Selain bertemu dengan Wamenlu Polandia, Wamenlu Fachir juga melakukan pertemuan dengan Ketua Senat Polandia, Stanislaw Karczewski. Keduanya sepakat mendorong perluasan kerja sama.
 
"Indonesia dan Polandia juga sepakat untuk dorong perluasan kerja sama kursus bahasa Indonesia di Polandia dan sebaliknya bahasa Polandia di Indonesia. Hal ini sangat penting untuk jembatani kontak bisnis dan dialog lebih erat masyarakat kedua negara," tutur Wamenlu Fachir, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, yang diterima Metrotvnews, Kamis 30 November 2017.
 
Sebagai bagian dari kerja sama sosial budaya, sejak 2011, bahasa Indonesia telah diajarkan di berbagai Universitas terkemuka di Polandia dan sebaliknya sejak 2016 bahasa Polandia juga diajarkan di beberapa Universitas di Indonesia. 
 
Menutup rangkaian pertemuan bilateral di Polandia, 
Wamenlu RI Bersama Duta Besar Peter F. Gontha menjadi tuan rumah untuk resepsi bagi puluhan pengusaha, tokoh masyarakat, birokrat, teknokrat serta akademisi yang menjadi friends of Indonesia di Polandia. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Wamenlu RI dan Duta Besar ajak peserta yang hadir untuk terus sebarkan good news from Indonesia (berita baik dari Indonesia) di Polandia sekaligus bantu dorong fasilitasi kerja sama yang saling menguntungkan antara masyarakat Indonesia dan Polandia.
 
Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Polandia pada 2016 berkisar USD513, 11 juta dengan surplus pada Indonesia sebesar USD226,93 juta. Komoditas ekspor Indonesia ke Polandia adalah barang elektronik, lensa kamera, karet alam dan baterei. 



(FJR)