Merkel Dorong 'Awal Baru' untuk Jerman dan Eropa

Willy Haryono    •    Jumat, 12 Jan 2018 19:31 WIB
politik jermanangela merkel
Merkel Dorong 'Awal Baru' untuk Jerman dan Eropa
Kanselir Jerman Angela Merkel (tengah) bersama kepala SPD Martin Schulz (kanan) dan kepala CDU Horst Seehofer di Berlin, 12 Januari 2018. (Foto: AFP/dpa/KAY NIETFELD)

Berlin: Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan pemerintahan baru yang sedang dibentuknya akan bekerja keras untuk mewujudkan "awal baru" bagi Eropa, Jumat 12 Januari 2018. 

Pernyataan disampaikan Merkel usai adanya laporan bahwa pemerintahan Merkel mencapai sebuah terobosan dalam dialog koalisi pemerintah. 

"Dunia tidak akan menanti kita -- kita membutuhkan awal baru di Eropa," kata Merkel, usai negosiasi lebih dari 24 jam antara partainya, CDU, dengan SPD.

"Sebuah awalan baru bagi Eropa juga awal yang baru untuk Jerman," lanjut dia, seperti dikutip AFP

Meski CDU memiliki beberapa perbedaan pandangan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron mengenai reformasi Uni Eropa, Merkel berharap dapat mengesampingkan hal tersebut demi menghadapi beragam tantangan ke depan.

"Kami akan mencari solusi dengan Prancis," tutur Merkel. 

Kerangka dari koalisi CDU dan SPD meliputi "kemitraan dekat dengan Prancis, memperkuat dan mereformasi zona Eropa agar nilai euro bisa bertahan di tengah krisis global."

Setelah CDU dan SPD menyelesaikan perbedaan pandangan mengenai imigrasi dan perpajakan, Merkel mengaku "optimistik" bisa mencapai kesepakatan pembentukan "koalisi besar" di pemerintahan baru Jerman. 

Kepala SPD Martin Schulz mengatakan tim negosiator partainya telah sepakat dengan "suara bulat" untuk mendukung kerangka perjanjian koalisi dengan CDU. 

"Saya rasa kami telah mencapai hasil yang luar biasa," ungkap Schulz. "Negosiasi berlangsung lama, sulit, menyenangkan dan penuh guncangan," lanjut dia.


(WIL)