Ratusan Ribu Warga Spanyol Tolak Kemerdekaan Catalonia

Sonya Michaella    •    Senin, 09 Oct 2017 13:25 WIB
referendum catalonia
Ratusan Ribu Warga Spanyol Tolak Kemerdekaan Catalonia
Demo warga Spanyol yang tolak kemerdekaan Catalonia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Ratusan ribu warga Spanyol berkumpul dan demo menolak upaya 'perceraian' Catalonia dari Spanyol, usai referendum 1 Oktober lalu.

Warga yang diperkirakan mencapai 350 ribu orang tersebut melambaikan bendera Spanyol dan Catalonia dan bertuliskan "Catalonia adalah Spanyol" serta "Bersama Kita Lebih Kuat".

Dikutip dari AFP, Senin 9 Oktober 2017, demonstrasi ini diusulkan oleh kelompok anti-kemerdekaan Catalan Civil Society. Mereka menyebut dirinya sebagai kelompok mayoritas yang selama ini menolak referendum.

"Kami merasa sebagai orang Catalonia dan juga Spanyol. Kami menunggu dan menghadapi hal yang tidak pasti saat ini. Namun, kami harus bersuara," teriak seorang pengunjuk rasa.

Tidak hanya di Barcelona, demo juga digelar di 50 kota lainnya, termasuk ibu kota Madrid. Ribuan orang mengenakan baju warna putih berkumpul dan membawa spanduk seruan perdamaian dan dialog antara pemerintah pusat dan Catalonia.

Sementara itu, pemimpin partai kedua terbesar di Spanyol, PSOE Sosialis, Pedro Sanchez, mengatakan bahwa referendum Catalonia adalah hari yang menyedihkan dan berakhirnya demokrasi Spanyol.

Presiden Catalonia Carles Puigdemont-lah yang telah mempelopori dorongan politikus separatis agar terus maju menggelar pemungutan suara, meski ada penangguhan dari Mahkamah Konstitusi dan penentangan sengit oleh pemerintah pusat.

Pada saat referendum di Catalonia, kepolisian nasional Spanyol diperintahkan untuk menghalangi proses pemungutan suara. Bentrokan pun terjadi, dan melukai hampir seratus warga terluka pro referendum.

Presiden Regional Catalonia menegaskan siap mendeklarasikan kemerdekaan pekan ini atau awal pekan mendatang.

 


(WIL)