Resmikan E-Konsuler KBRI London, Menlu Tuntut Pelayanan Profesional

Fajar Nugraha    •    Jumat, 14 Jul 2017 20:04 WIB
kemenlu
Resmikan E-Konsuler KBRI London, Menlu Tuntut Pelayanan Profesional
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi, resmikan Pelayanan Kekonsuleran secara online di KBRI London, Kamis 13 Juli 2017. (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Metrotvnews.com, London, Inggris: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi, meresmikan Pelayanan Kekonsuleran secara online (E-Konsuler) di KBRI London, Kamis 13 Juli 2017.
 
"Upaya ini sejalan dengan upaya yang tengah dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri RI dalam merancang template pelayanan online yang dapat digunakan oleh seluruh Perwakilan Indonesia di luar negeri," kata Menlu Retno, seperti dikutip dari situs Kemlu.go.id, Jumat 14 Juli 2017.
 
"Diharapkan format pelayanan online yang ditampilkan oleh seluruh Perwakilan RI memiliki kesamaan sehingga memudahkan Warga Negara Indonesia yang tinggal di negara akreditasi maupun masyarakat setempat," lanjutnya.  
 
"Dalam melaksanakan tugas, diharapkan Perwakilan RI senantiasa memperhatikan empat aspek penting yakni kecepatan, keamanan, kenyamanan dan transparansi," tegas Menlu. 
 
Ia berharap agar tercipta pelayanan kekonsuleran yang efektif dan efisien agar dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat serta yang tinggal jauh dari Perwakilan RI.
 
Duta Besar RI untuk Kerajaaan Inggris, Rizal Sukma menjelaskan bahwa pelayanan kekonsuleran secara online dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan baik kepada warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris maupun kepada masyarakat Inggris secara umum. Rizal berharap agar pelayanan kekonsuleran pada KBRI London dapat semakin optimal.?
 
Adapaun fitur pelayanan Kekonsuleran KBRI London ditampilkan melalui 11 aplikasi yang terintegrasi dan mudah diakses.
 
Menurut Minister Counsellor Protokol dan Konsuler KBRI London, Gulfan Afero, WNI ataupun WN Inggris yang memerlukan pelayanan konsuler dapat melakukan proses administrasi secara online dan merencanakan jadwal kedatangan ke KBRI London melalui sistem mengatur janji guna menindaklanjuti aplikasinya. 



(FJR)