Satu Orang Tewas dalam Penabrakan Van ke Jemaah Masjid London

Willy Haryono    •    Senin, 19 Jun 2017 13:48 WIB
teror di inggris
Satu Orang Tewas dalam Penabrakan Van ke Jemaah Masjid London
Warga setempat berada di lokasi penabrakan sebuah mobil van ke kerumunan orang di dekat masjid Finsbury Park di London, Inggris, 19 Juni 2017. (Foto: AFP/TOLGA AKMEN)

Metrotvnews.com, London: Satu orang tewas setelah satu mobil van menabrak sejumlah pejalan kaki dekat sebuah masjid di London, Inggris, Senin 19 Juni 2017 dini hari waktu setempat. 

Sebagian besar korban penabrakan adalah jemaah masjid yang baru selesai menunaikan ibadah salat. 

"Satu orang meninggal dunia di lokasi. Delapan korban lain dilarikan ke tiga rumah sakit," ucap pernyataan resmi kepolisian London. 

Perdana Menteri Theresa May menyebut insiden ini "berpotensi diklasifikasikan sebagai serangan teroris." Pelaku penabrakan yang berusia 48 tahun ditangkap warga sekitar dan kemudian diamankan polisi. 

Sejumlah tokoh Muslim di London mengatakan para jemaah yang baru selesai salat di masjid Finsbury Park dijadikan target penabrakan secara sengaja. Diduga insiden ini terkait sentimen anti-Muslim di Inggris.

Saksi mata bernama Abdiqadir Warra mengatakan kepada AFP dirinya melihat sebuah van "menabrak kerumunan orang." Sejumlah korban bahkan terseret hingga beberapa meter ke jalan raya.

Wali Kota London Sadiq Khan menyebut penabrakan sebagai "serangan teroris mengerikan, yang sengaja ditujukan kepada warga tak berdosa."

PM May dijadwalkan menggelar pertemuan darurat di level kementerian untuk membahas serangan di London ini.

Penabrakan terjadi setelah dua serangan teroris melanda London sepanjang 2017. Serangan terjadi di Jembatan London bulan ini, dan satu lainnya pada Maret lalu saat seorang pria menabrakkan mobilnya ke kerumunan orang di Jembatan Westminster.

"Karena terjadinya insiden ini, tambahan polisi dikerahkan untuk memastikan keamanan di tengah masyarakat, terutama bagi mereka yang menjalankan ibadah di bulan Ramadan," sebut kepolisian London.

 


(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

40 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA