100 Lebih Imigran Iran Capai Pesisir Inggris

Arpan Rahman    •    Sabtu, 24 Nov 2018 20:05 WIB
imigran gelap
100 Lebih Imigran Iran Capai Pesisir Inggris
Imigran melambaikan tangan meminta bantuan kepada grup Proactiva di Laut Mediterania, 4 Oktober 2016. (Foto: AFP/ARIS MESSINIS)

Kent: Delapan tambahan imigran yang diduga berasal dari Iran dibawa ke pesisir Inggris setelah kapal mereka terdeteksi petugas di lepas pantai Kent. Kedelapan orang itu ditemukan Penjaga Pantai Inggris dan dibawa ke Dover pada Jumat 23 November 2018.

Dengan tambahan delapan orang ini, total terduga imigran asal Iran yang telah mencapai Inggris sepanjang bulan ini mencapai 101. Mereka semua telah diserahkan ke otoritas keimigrasian.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Inggris mengatakan tambahan delapan orang itu telah diperiksa staf medis. Mereka semua dinyatakan sehat.

Meningkatnya gelombang imigran menuju Inggris diduga terjadi karena meningkatnya kejahatan terorganisasi di Prancis. Ingrid Parrot dari Kepolisian Maritim Prancis mengatakan "jaringan kriminal dan mafia" di negaranya selama ini menjalankan operasi perdagangan manusia.

"Terjadi banyak pencurian perahu, kapal pesiar dan juga speed boat," kata Parrot, seperti disitir dari kantor berita BBC.

Juru bicara Agensi Kejahatan Nasional Inggris mengutarakan hal senada. Namun ia menyebut mengumpulkan data intelijen dan juga serangkaian bukti untuk menghabisi jaringan kriminal semacam itu membutuhkan cukup banyak waktu.

Kamis kemarin, 14 terduga imigran yang mengklaim berasal dari Iran diselamatkan dari dua perahu kecil di lepas pantai Inggris.

Perahu pertama, berisi enam pria dan satu wanita, ditemukan di lepas pantai Dover pada dini hari. Sementara perahu kedua, berisi tujuh pria, ditemukan di hari yang sama pada pagi hari.


(WIL)