Rentetan Longsor di Pegunungan Alpen Tewaskan 10 Orang

Willy Haryono    •    Senin, 04 Feb 2019 20:01 WIB
salju longsorpegunungan alpen
Rentetan Longsor di Pegunungan Alpen Tewaskan 10 Orang
Seorang pria menggunakan mesin untuk membuka jalan di resor Wengen, Pegunungan Alpen Swiss, 18 Januari 2019. (Foto: AFP/LIONEL BONAVENTURE)

Bolzano: Rentetan salju longsor di Pegunungan Alpen sepanjang akhir pekan kemarin menewaskan sedikitnya sepuluh orang. Jumlah korban terbanyak ada di Aosta Valle, Italia, di mana lima orang tewas dan satu hilang dalam tiga peristiwa longsor terpisah.

Sebuah operasi pencarian dilakukan di atas wilayah resor Courmayeur di Aosta Valley terhadap dua pendaki asal Prancis dan dua Inggris. Keempatnya tidak kunjung kembali ke hotel usai bermain ski.

Pencarian dihentikan sementara pada Minggu 3 Februari malam waktu setempat, dan seperti dikutip dari laman AFP, tiga jasad pendaki ditemukan pada Senin 4 Februari 2019 pagi waktu setempat.

Sebuah salju longsor di Bolzano, Italia dekat perbatasan Austria, menewaskan seorang pemain ski berusia 18 tahun. Satu peristiwa lainnya di Lombardy juga menewaskan satu pemain snowboarder.

Sabtu kemarin, sebuah salju longsor di Savoie, Prancis, menewaskan seorang pemain ski yang bermain di luar area rekomendasi. Di Swiss, salju longsor menyapu seorang pria dan wanita di area Bern. Pria tersebut meninggal dunia, sementara yang wanita berhasil selamat.

Di Austria, salju longsor mengenai dua pria berusia 30 dan 52 tahun. Pria yang lebih tua mengembuskan napas terakhir, dan yang satunya berhasil selamat tanpa terluka.

Sementara di wilayah Tyrol, sepuluh pemain ski berusia 17 hingga 59 tahun berhasil diselamatkan usai terkena salju longsor.

Baca: Tujuh Orang Tewas dalam Longsor di Alpen


(WIL)