Tabrakan Van dan Truk di Italia Tewaskan 12 Imigran

Willy Haryono    •    Selasa, 07 Aug 2018 08:58 WIB
imigran gelapkecelakaan trukitalia
Tabrakan Van dan Truk di Italia Tewaskan 12 Imigran
Sekelompok imigran asal Afrika tiba di Catania, Italia. (Foto: AFP)

Foggia: Dua belas imigran asal benua Afrika meninggal dunia dalam tabrakan keras antara sebuah mobil van dengan truk di dekat Lesina, Foggia, Italia selatan, Senin 6 Agustus 2018.

Para imigran yang bekerja di sektor pertanian itu menaiki sebuah mobil van berpelat nomor Bulgaria. Saat kejadian, mereka semua sedang bertolak pulang.

Seperti dikutip dari BBC, tiga orang lainnya juga terluka dalam kecelakaan ini, termasuk sopir truk.

Empat imigran tewas dalam kecelakaan serupa di wilayah yang sama pada Sabtu kemarin. Banyak dari imigran di sektor pertanian Italia ini dipekerjakan oleh sejumlah geng dengan bayaran rendah.

Setelah kecelakaan pada Sabtu kemarin, serikat buruh tani di Italia mengumumkan rencana aksi unjuk rasa pada Rabu mendatang. Mereka semua berencana datang ke Foggia dengan mengenakan topi merah.

Topi merah menjadi simbol pekerja tomat yang banyak beraktivitas di sekitar Foggia.

Kondisi para imigran Afrika di Italia memprihatinkan, di tengah upaya pemerintah menghentikan aktivitas geng penyelundupan manusia.

Banyak dari geng ini mengangkut para imigran dari Afrika dengan kapal atau perahu tanpa memerhatikan standar keselamatan. Hal ini berujung pada tingkat kematian yang cukup tinggi dalam pelayaran via Laut Mediterania.

Lebih dari 650 ribu imigran -- sebagian besar dari Afrika -- tiba di pesisir Italia sejak 2014.


(WIL)