Badai Eleanor Picu Listrik Padam dan Jalan Putus di Inggris

Arpan Rahman    •    Rabu, 03 Jan 2018 15:45 WIB
inggrisbadai
Badai Eleanor Picu Listrik Padam dan Jalan Putus di Inggris
Pohon tumbang akibat terjangan Badai Eleanor di Inggris (Foto: BBC).

London: Ribuan rumah tanpa listrik dan perjalanan berkendara terganggu saat badai Eleanor menyapu seluruh Inggris.
 
Sebuah peringatan dari Met Office (Kantor Meteorologi Inggris) bahwa angin berkecepatan 128 kilometer per jam melanda Wales, Inggris, sebagian besar Irlandia Utara serta sebagian wilayah selatan Skotlandia.
 
Lebih dari 12.000 rumah tidak memiliki daya listrik di Irlandia Utara. Sementara 2.700 properti tanpa listrik di Inggris dan 460 di Wales.
 
Dilansir BBC, Rabu 3 Januari 2018, muncul peringatan kemungkinan gangguan transportasi umum pada Rabu.
 
Sementara itu, Met Office mengatakan korban luka-luka tertimpa puing-puing beterbangan juga kemungkinan ada. Peringatan kuning dari badan pengamat cuaca berlaku sampai pukul 18:00 waktu Greenwich.
 
Selagi badai Eleanor,-- badai kelima yang melanda musim ini,-- mendekat dari Samudera Atlantik, Met Office menaikkan tingkat ancamannya dari kuning ke warna kuning sawo di Inggris utara, Irlandia Utara, dan barat daya Skotlandia.
 
Peringatan di tempat itu sampai pukul 04:00 waktu Greenwich menyebutkan terdapat 'ancaman serius' sinyal ponsel bisa terpengaruh, serta bahaya bagi kehidupan dari gelombang besar dan puing-puing pantai yang terlontar ke jalan pesisir dan properti pinggir laut.
 
Sebelumnya, banjir dilaporkan terjadi di Galway di Republik Irlandia, dengan hembusan angin 156 km/jam di Irlandia dan 144 km/jam hembusan di Orlock Head, Irlandia Utara.
 
Di daratan Inggris, Met Office mencatat hembusan mencapai 127 kilometer per jam di Capel Curig di Wales, 123 kilometer per jam di West Freugh di Dumfries dan Galloway, dan 115 kilometer per jam di Dundreggan, Inverness.
 
Jejaring Kelistrikan Irlandia Utara mengatakan bahwa pepohonan, cabang-cabangnya dan puing-puing terbang lainnya sudah menumbangkan sejumlah kabel dan tiang listrik, yang tersambung ke rumah-rumah di wilayah selatan.
 
Di Inggris, hampir 2.000 properti tanpa listrik di Midlands, sementara 700 di Barat Daya dan 460 di Wales masih menyala.
 
Sejumlah jalan ditutup karena pohon tumbang, termasuk dua jalur searah jarum jam M25 di dekat Chorleywood di Hertfordshire.
 
Highways England tertutup di bagian Dartford Crossing -- Jembatan Ratu Elizabeth II -- pada pukul 23:00 waktu Greenwich untuk alasan keamanan karena angin kencang.
 
Namun terowongan Dartford tetap beroperasi di kedua arah dan jembatan tersebut diperkirakan akan dibuka kembali sebelum jam sibuk, Rabu pagi.
 
Severn Crossing antara Gloucestershire dan Monmouthshire dan Orwell Bridge dekat Ipswich juga ditutup semalam karena angin kencang.
 
Badan Lingkungan Hidup mengatakan kombinasi angin kencang dan pasang surut dapat menyebabkan beberapa banjir pesisir di Inggris.
 
Ada lebih dari 60 peringatan banjir di Inggris, lebih dari 30 di Wales, dan lebih dari 10 di Skotlandia.
 
Penyeberangan feri ke dan dari Isle of Man telah dibatalkan karena peramal memprediksi kecepatan angin di daerah itu bisa mencapai 112 kilometer per jam.



(FJR)