Setop Persenjataan ISIS, Jerman Kirim 650 Tentara untuk NATO

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 15 Sep 2016 04:00 WIB
isis
Setop Persenjataan ISIS, Jerman Kirim 650 Tentara untuk NATO
Pasukan Jerman didatangkan untuk melatih pasukan Peshmerga Kurdi dalam melawan ISIS. (Foto: Reuters/Youssef Boudlal)

Metrotvnews.com, Berlin: Kabinet Jerman memberi lampu hijau terhadap kebijakan pengiriman 650 tentara untuk North Atlantic Treaty Organization (NATO). Kebijakan itu guna menghentikan penyelundupan senjata oleh ISIS melalui laut tengah.

Keterlibatan Jerman dalam operasi NATO bertajuk "Pengawal Samudera" akan berlaku hingga akhir 2017. Dalam beberapa keadaan luar biasa, yang mendesak, Jerman akan mengirim pasukan tambahan untuk tugas tersebut.

Menteri Pertahanan, Ursula von der Leyep berupaya membarui peralatan militer dan merekrut lebih banyak tentara dan angkatan bersenjata.

Dikutip dari Reuters, Kamis 15 September 2016, pengiriman tentara pada Rabu 14 September itu adalah bagian dari perubahan besar Jerman, yang ingin memperluas peran militernya di Eropa dan NATO.

Ursula juga menjelaskan, negara anggota NATO pada Juli di Polandia juga telah sepakat memulai tugas kelautan baru untuk menghentikan penyelundupan senjata ISIS.

Sejumlah kapal Jerman juga ikut dalam tugas militer Uni Eropa bertajuk "Sophia" untuk menghentikan penyelundupan senjata dan perdagangan manusia dari perairan Libya.

 


(Des)