Dua Warga AS yang Ditahan Pemberontak Houthi Dibebaskan

Willy Haryono    •    Minggu, 16 Oct 2016 10:00 WIB
konflik yaman
Dua Warga AS yang Ditahan Pemberontak Houthi Dibebaskan
Warga memeriksa lokasi serangan udara Arab Saudi di Sanaa, Yaman, 19 September 2015. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Laussane: Dua warga Amerika Serikat yang ditahan pemberontak Houthi di Yaman telah dibebaskan dan diterbangkan ke Oman. 

Kedua warga AS, yang identitasnya dirahasiakan, meninggalkan Yaman yang baru-baru ini dihantam pengeboman dahsyat oleh koalisi pimpinan Arab Saudi. 

AS berterima kasih kepada Oman yang memediasi pembebasan dua warga. Negeri Paman Sam juga mengapresiasi "gestur kemanusiaan" yang ditunjukkan Houthi. 

Yaman dilanda perang antara pasukan pemerintah melawan pemberontak Houthi. Lebih dari 6.800 orang tewas akibat perang di Yaman sejak Maret 2015. Sebagian besar tewas akibat serangan udara koalisi Arab Saudi. 

Berbicara di Swiss usai dialog multilateral mengenai konflik Suriah, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyambut baik pembebasan dua sandera. 

"Ini adalah sesuatu yang sudah kami upayakan dalam beberapa hari terakhir," tutur Kerry di Laussane, seperti dikutip BBC, Sabtu (15/10/2016). 

Menurut Kerry, dua warga AS itu sudah diterbangkan ke Oman bersama beberapa orang lainnya yang terluka dalam pengeboman di upacara pemakaman di Sanaa pada 8 Oktober. 

Sedikitnya 140 tewas, sebagian besar warga sipil, dalam serangan di Sanaa. Koalisi Arab Saudi mengakui telah melakukan serangan udara tersebut, dan insiden terjadi karena adanya kesalahan informasi.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA