Rusia Kirim Tiga Astronot ke Stasiun Luar Angkasa ISS

Willy Haryono    •    Minggu, 20 Nov 2016 10:37 WIB
luar angkasa
Rusia Kirim Tiga Astronot ke Stasiun Luar Angkasa ISS
Pesawat antariksa Soyuz hendak berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional, 19 November 2016. (Foto: AFP/NASA TV)

Metrotvnews.com, Moskow: Pesawat antariksa Soyuz milik Rusia tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Sabtu 19 November, dengan membawa seorang astronot Eropa, seorang dari Rusia dan satu lainnya asal Amerika Serikat (AS). 

Ketiganya tiba di ISS dalam sebuah misi hingga empat bulan ke depan. 

"Pendaratan telah terkonfirmasi," ujar seorang komentator Badan Antariksa AS atau NASA saat Soyuz mendarat di ISS, seperti dilansir AFP, Sabtu (19/11/2016).

Tiga astronot -- Thomas Pesquet dari Prancis, Oleg Novitskiy asal Rusia dan Peggy Whitson dari AS -- lepas landas bersama Soyuz dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan pada Kamis 17 November. 

Pesquet, astronot pemula, adalah warga pertama Prancis yang dikirim ke ISS oleh Agensi Luar Angkasa Eropa sejak 2008. 

Sementara Whitson adalah astronot veteran dan pakar biokimia yang akan memecahkan rekor dalam misi kali ini, termasuk dalam kategori "menghabiskan paling banyak waktu di luar angkasa."

Whitson dijadwalkan melampau astronot NASA Jeff Williams yang dinyatakan telah menghabiskan 534 hari di luar angkasa pada 24 April.

Pada Februari, Whitson, 56, akan menjadi wanita pertama yang dua kali memimpin stasiun luar angkasa. Sebelumnya dia pernah memimpin stasiun pada 2007, yang sekaligus menjadikannya wanita pertama di pos tersebut.


(WIL)