Italia Diguncang Gempa 5,3 Skala Richter

Fajar Nugraha    •    Rabu, 18 Jan 2017 18:44 WIB
gempa italia
Italia Diguncang Gempa 5,3 Skala Richter
ilustrasi: AFP

Metrotvnews.com, Roma: Gempa dengan magnitud 5,3 mengguncang Ibu Kota Italia, Roma. Beberapa sekolah pun langsung ditutup dan muridnya dievakuasi.
 
Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut mengguncang sekitar 7 kilometer sebelah barat laut Amatrice. Kota itu sebelumnya hancur akibat gempa kuat yang mengguncang pada 2016 lalu.
 
Titik pusat gempa diketahui sekitar 90 kilometer timur laut Roma, namun guncangan gempa tetap terasa di Ibu Kota Negeri Pizza itu. Akibatnya, warga pun berhamburan keluar gedung dalam kondisi panik.
 
"Gempa mengguncang pada pukul 10.25 pagi dengan kedalaman yang dangkal mencapai 10 kilometer," lapor USGS, seperti dikutip CNN, Rabu (18/1/2017).
 
Setelah guncangan pertama, USGS mencatat ada tiga gempa susulan termasuk yang terakhir dengan kekuatan 5,7 SR.
 
Tidak ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan dalam kejadian ini. Tetapi petugas pemadam kebakaran menyebutkan kepada CNN bahwa salju tebal memblokir jalan dan mempersulit mereka untuk melakukan pemeriksaan awal.
 
Pihak berwenang di Roma pun menambahkan bahwa mereka menerima berbagai telepon dari dalam kota. Mereka pun mencari retak dan kerusakan atas struktur di Roma, mengingat banyak bangunan kuno di kota tersebut.



(FJR)