Jurnalis Pengkritik Rusia Tewas Ditembak di Ukraina

Willy Haryono    •    Rabu, 30 May 2018 08:21 WIB
ukrainarusia
Jurnalis Pengkritik Rusia Tewas Ditembak di Ukraina
Arkady Babchenko. (Foto: Vitaliy Nosach/ AFP)

Kiev: Seorang jurnalis ternama Arkady Babchenko, dikenal sebagai kritikus kebijakan Rusia terkait Ukraina dan Suriah, ditembak mati di Kiev, Selasa 29 Mei 2018 malam waktu setempat.

Kantor berita nasional Ukraina, Ukrinform, melaporkan bahwa Babchenko ditembak di bagian punggung saat berada di rumahnya. Ia meninggal dunia di dalam ambulans.

Babchenko meninggalkan Rusia pada 2017 dengan alasan sudah merasa tidak aman berada di negaranya sendiri. Ia merupakan seorang jurnalis dari saluran televisi ATR di Ukraina.

Dalam sebuah esai di media Guardian pada 2017, Babchenko mengaku mendapat "perlakuan buruk bermotif politik di Rusia yang dipimpin Presiden Vladimir Putin." 

Ia juga menulis beberapa esai lainnya mengenai aksi pengeboman Rusia di Aleppo, Suriah, yang menewaskan sejumlah warga sipil.

Menurut keterangan kepolisian Ukraina, Babchenko ditemukan istrinya tergeletak di luar kediaman mereka.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyalahkan Ukraina atas kematian Babchenko, yang disebutnya diakibatkan "penyerangan bersenjata."

"Level kekerasan fisik dan pembunuhan terhadap pekerja mereka di negara tersebut (Ukraina) telah berkembang secara konsisten, dan investigasi kasus semacam itu tidak berujung vonis bagi para pelakunya," ungkap Kemenlu Rusia.

Moskow menyarankan adanya grup independen untuk menyelidiki kematian Babchenko.


(WIL)