Gelombang Panas Landa Sejumlah Negara Eropa

Sonya Michaella    •    Senin, 06 Aug 2018 15:21 WIB
gelombang panas
Gelombang Panas Landa Sejumlah Negara Eropa
Sejumlah turis berusaha mendinginkan diri di sebuah kolam di Sevilla, Spanyol. (foto: AFP)

Madrid: Turis lokal dan asing mengaku merasakan panas ekstrem ketika berada di pusat kota Madrid, Spanyol. Tak heran, sebab suhu di Spanyol kini mencapai 42 derajat Celcius.

Tiga orang dilaporkan meninggal akibat gelombang panas yang melanda Spanyol pekan ini.

Di Portugal, suhu saat ini mencapai 45 derajat Celcius. Akibatnya, kebakaran hutan terjadi di dua kota bagian selatan negara ini.

Hampir 780 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk bekerja memadamkan api. Angin yang kencang menyebabkan api cukup sulit padam.

Dilansir dari AFP, Senin 6 Agustus 2018, suhu 40 derajat Celcius terasa di Prancis. 67 dari 101 departemen berada dalam siaga gelombang panas. Empat reaktor nuklir juga ditutup untuk sementara karena suhu yang amat panas. 

Di Belanda, petani kentang dan jagung merugi karena hasil panennya gagal akibat sinar matahari yang terlalu panas. Kekeringan juga melanda di sejumlah desa di Rotterdam. 

Di Inggris, meski panas baru diketahui 30 derajat Celcius, pemerintah setempat telah mengimbau agar warga tetap tinggal di rumah dan menyalakan pendingin serta minum banyak air untuk mengurangi rasa panas.


(WIL)