Badai Xavier Lumpuhkan Aktivitas Kereta Api di Jerman

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 06 Oct 2017 18:06 WIB
jerman
Badai Xavier Lumpuhkan Aktivitas Kereta Api di Jerman
Badai Xavier menghantam Negeri Bavaria sejak Kamis sore. (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Ribuan penumpang terlantar di stasiun kereta api Jerman akibat Badai Xavier yang menyerang wilayah Jerman utara dan timur. Badai tersebut telah menewaskan tujuh orang.

Badai Xavier menghantam Negeri Bavaria sejak Kamis sore. Pohon, tanda jalan, papan reklame roboh akibat diterjang angin dengan kecepatan 130 kilometer  per jam.

"Sebagian besar rel kereta api di utara dan timur Jerman masih tidak bisa digunakan," seru juru bicara operator kereta api Deutsche Bahn, seperti dikutip dari AFP, Jumat 6 Oktober 2017.

Kereta yang menghubungkan Hamburg, Hanover dan Berlin dibatalkan. Pasalnya, tiga kota ini paling parah terkena dampak badai.

Ratusan penumpang menghabiskan malam di stasiun. Beberapa dari mereka menemukan kereta yang bisa menjadi akomodoasi sementara oleh pihak kereta api.

Dari tujuh yang tewas, lima di antaranya karenamobil mereka tertimpa pohon tumbang. Insiden itu terjadi tepat di negara bagian Brandenburg dan Mecklenburg-Vorpommern.

Selain kereta api, bandara juga mengangguhkan semua penerbangan untuk sementara waktu sampai cuaca membaik kembali.

Pemerintah Jerman memperingatkan warga agar tidak meninggalkan rumah mereka. Namun, sempat dikeluarkan pernyataan keadaan darurat pada saat badai berhembus sangat kencang. 

 


(WAH)